Pengaruh Tingkat Penggunaan Blackberry Messengger Terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales promotion girls di Yogyakarta

Radhila Mutiara Putri, Deltha (2014) Pengaruh Tingkat Penggunaan Blackberry Messengger Terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales promotion girls di Yogyakarta. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK Deltha Radhila Mutiara Putri.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK Deltha Radhila Mutiara Putri.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Blackberry Messenger merupakan salah satu situs jejaring sosial yang
telah mengubah cara berkomunikasi. Penggunaan aplikasi blackberry messenger
ini sudah menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Masyarakat dapat
menjadikan perangkat blackberry sebagai lifestyle. Sales promotion girls,
kebanyakan mempunyai gaya hidup yang mewah demi mendapatkan pengakuan
dari masyarakat sekitar. Keutuhan sosial akan aktualisasi diri, merasa dicintai, dan
merasa dihargai menjadi faktor utama dalam penelitian ini. Kebanyakan dalam
rentang usia remaja karena masih sangat produktif, dinamis, dan bersemangat.
Penggunaan Media Sosial Blackberry Messenger dapat mempengaruhi pemuasan
kebutuahn sosial suatu pada diri seseorang. Hal inilah yang membuat peneliti
tertarik untuk membahas mengenai Apakah ada pengaruh Tingkat Penggunaan
Blackberry Messenger terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial yang merupakan
perumusan masalah dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori Teori Uses and Gratifications yang kemudian disinergikan dengan
Teori Kebutuhan milik Abraham Maslow. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian survei. Data hasil penelitian dianalisis dengan Koefisient
Determinasi, regresi linier sederhana, dan pengujian signifikasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan, dan
observasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden Sales Promotion
Girls di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis koefisient
determinasi maupun analisis regresi diketahui R square sebesar 0,896 sehingga
ada hubungan antara Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger terhadap
Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan Sales Promotion Girls di Yogyakarta
yang berpengaruh positif dan signifikan. Diperoleh nilai koefisien regresi untuk
variabel X sebesar 0,521 dengan konstanta sebesar 46,764. Sehingga ada
pengaruh antara X terhadap Y untuk setiap terjadi perubahan satu satuan angka.
Tingkat hubungan Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger yang terdiri dari
frekuensi, intensitas, dan durasi terhadap Pemuasan Kebutuhan Sosial di Kalangan
Sales Promotion Girls di Yogyakarta adalah sangat tinggi dan Pemuasan
Kebutuhan Sosial dipengaruhi oleh Tingkat Penggunaan Blackberry Messenger
sebesar 89,6% yang terdiri merasa dicintai atau disukai orang lain, merasa
dihargai orang lain, dan aktualisasi diri yang dicapai sedangkan 10,4%
dipengaruhi oleh faktor lain seperti budaya, proses adaptasi, kebiasaan, dan
norma-norma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:20
Last Modified: 22 Nov 2016 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9144

Actions (login required)

View Item View Item