Puspita Sari, Arum (2012) “STRATEGI KOMUNIKASI MEMBANGUN RUMAH PINTAR DESA SEJAHTERA “HARGOTIRTO” KECAMATAN KOKAP BERBASIS DESA WISATA PENDIDIKAN”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Rumah Pintar “Hargotirto” merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia
wisata berbasis pendidikan. Objek wisata ini terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan
Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Inovasi baru yang ada di Desa Hargotirto
menyediakan lima pilar yang menjadi icon Rumah Pintar “Hargotirto”. Merubah pola
pikir masyarakat yang dulunya statis memang tidak mudah, untuk itu dibutuhkan
strategi komunikasi untuk melakukan perubahan agar berkembang lebih maju.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dibuat adalah
“Bagaimana Strategi Komunikasi Rumah Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” dalam
Membangun Desa Wisata Pendidikan kepada Masyarakat Yogyakarta?”. Penelitian
ini memiliki tujuan mengidentifikasi strategi komunikasi, peran Rumah Pintar
“Hargotirto” sebagai wisata pendidikan, serta mengetahui faktor pendukung dan
penghambat. Perkembangan Rumah Pintar “Hargotirto” nantinya diharapkan mampu
memberikan income bagi masyarakat / pengelola desa serta menjadi desa percontohan
bagi desa-desa sekitar. Dalam membangun Rumah Pintar “Hargootirto” peneliti
menggunakan Teori Difusi Inovasi sebagai pemahaman mengenai sebuah pesan yang
disampaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Rumah
Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” melalui pendekatan media dan pendekatan
interpersonal. Pendekatan media dilakukan melalui internet dan media cetak. Untuk
pendekatan interpersonal dilakukan oleh pihak LPPM UGM, Pengelola desa, word of
mouth dan perpustakaan daerah Kulon Progo. Penelitian yang dilakukan
menunjukkan bahwa peran media sangat membantu dalam memperkenalkan objek
wisata kepada khalayak luas khususnya Yogyakarta. Peranan pengelola Rumah Pintar
“Hargotirto” dalam memperkenalkan wisata pendidikan belum sepenuhnya berjalan
dengan pesat, namun respon dari masyarakat sangat membantu dalam perkembangan
memperkenalkan Rumah Pintar “Hargotirto” sebagai desa percontohan yang mandiri.
Smart House “hargotirto” is one of the ne innovations in the world of
education-based tourism. This attraction is located in District Kokap, Village
Hargotirto, Kulonprogo. New innovations in the village Hargotirto provide five
pillars that make the icon Smart House “Hargotirto”. Changing the mindset of the
people who used to be static it is not easy, for the communication strategy was
needed to make changes in order to develop more advanced. Based on this
background that made the formulation of the problem is “How Smart House
Communication Strategy Prosperous Village “Hargotirto” in the Village building
Community Yogyakarta Tourism Education”. This Study has the objective to identify
communication strategies, the role of Smart House “Hargotirto” as an educational
tour, and to know the factor supporting and inhibiting. Development of Smart House
“Hargotirto” hopefully will be able to provide income for the community / village
manager and make the village a model for surrounding villagers. In building the
Smart House “Hargotirto” Diffusion of Innovations theory researchers use to use as
support understanding of the message. The research method used is based on a
qualitative descriptive study, with data collecting technique through interview,
observation and literature study. The results of this study indicate that the
communication strategies used by the Smart House Prosperous Village “Hargotirto”
via media approach and interpersonal approaches. Approach is done through internet
media and print media. The use of media is done so that the information provided to
the consumer. For the interpersonal approach undertaken by LPPM UGM, village
manager, word of mouth, and regional library Kulonprogo. Research carried out
shows that the role of media is very helpful in introducing the attraction to a wide
audience, especially Yogyakarta. The Role of Smart House “Hargotirto” in the
village or community’s readiness to promote thee management has not fully, but the
response from the community is very helpful in introducing the development of
Smart House “Hargotirto” to keep it running in stages up to independent
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 04:23 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 04:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |