Retno Isworo, Dian (2012) PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PONDOK CABE DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
The establishment of various types of restaurants in the city of Yogyakarta
caused difficulties in determining consumer restaurant that can satisfy the tastes in
the meal. The restaurant of Pondok Cabe through the promotion of sales (sales
promotion) seeks to attract consumers with high levels of satisfaction or
dissatisfaction that vary in evaluating a product in order to make purchasing
decisions and become loyal customers Restaurant of Pondok Cabe. The
formulation of the problem to be discussion in this study is "How does the effect a
sales promotion to purchase decisions in Pondok Cabe Restaurant in Yogyakarta?
And whether the promotion of sales significantly influence purchasing decisions
at Pondok Cabe Restaurant in Yogyakarta ". The purpose of this study was to
determine the effect of sales promotions on purchase decisions in Pondok Cabe
Restaurant in Yogyakarta and to determine whether sales promotions have a
significant effect on purchase decisions Restaurant of Pondok Cabe, Yogyakarta?
This study used Peluru model. This type of research is quantitative and carry out
research by distributing questionnaires. The population in this study were visitors
Pondok Cabe Restaurant on the street of C. Simanjutak 41b with a sample of 98
respondents. Analytical techniques used are the product moment correlation
analysis and multiple regression analysis. Testing the validity of using the t-test
and a test of determination. The results expressed as the value of t hypothesis
accepted significance p <0.05 (0.000 <0.05), meaning that there is significant
influence between variable of sales promotion (samples, discounts or rebates and
POP display) for a purchase decision. Theory used in this study proved and
showed that the sales promotion (samples, discounts or rebates and POP display)
produces a response in the form of a purchase decision. Among influence sales
promotion (samples, discounts or rebates and POP displays) to influence the
purchase decision is positive, which means that if there was an increase of sales
promotion (samples, discounts or rebates and POP display), then the purchasing
decision will also increase.
Key words: sales promotion, samples, discounts or rebates, POP displays, the
purchase decision.
Munculnya berbagai jenis rumah makan yang ada di kota Yogyakarta
menimbulkan kesulitan konsumen dalam menentukan rumah makan yang bisa
memuaskan selera dalam menikmati hidangan. Rumah Makan Pondok Cabe melalui
promosi penjualan (sales promotion) berupaya untuk menarik konsumen yang
mempunyai tingkat kepuasan atau ketidakpuasan yang berbeda-beda dalam menilai
suatu produk agar melakukan keputusan pembelian dan menjadi pelanggan setia
Rumah Makan Pondok Cabe. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini
adalah “Adakah pengaruh terpaan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian
pada Rumah Makan Pondok Cabe di Yogyakarta? dan apakah terpaan promosi
penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan
Pondok Cabe di Yogyakarta?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan
Pondok Cabe di Yogyakarta dan untuk mengetahui apakah promosi penjualan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Pondok
Cabe di Yogyakarta?. Penelitian ini menggunakan model Peluru. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif dan melaksanakan penelitian dengan menyebarkan kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Rumah Makan Pondok Cabe di
jalan C.Simanjutak 41b dengan sampel 98 orang responden. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisi korelasi product moment dan analisis regresi berganda.
Pengujian validitas menggunakan uji-t dan uji determinasi. Hasil penelitian
menyatakan hipoteis diterima karena nilai t signifikansi p < 0,05 (0,000 < 0,05),
artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel promosi penjualan (Sampel,
diskon atau potongan harga dan POP display) terhadap keputusan pembelian. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa promosi
penjualan (sampel, diskon atau potongan harga dan POP display) menghasilkan
sebuah respon berupa keputusan pembelian. Pengaruh anatara promosi penjualan
(sampel, diskon atau potongan harga dan POP display) terhadap keputusan pembelian
adalah pengaruh positif, yang artinya bahwa apabila terjadi peningkatan terhadap
promosi penjualan (sampel, diskon atau potongan harga dan POP display), maka
keputusan pembelian juga akan meningkat.
Kata kunci : Promosi penjualan, sampel, diskon atau potongan harga, POP display,
keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:00 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |