Linda Stevia Putri, Deby (2012) ANALISIS STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBKDALAM MENANGGAPI SURAT PEMBACA DI KOMPAS SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
Microsoft_Word__Copy_of_cover,_hlm_prstjuan,_hlm_motto,_kta_pngntr,_dftr_isi,_dftr_pstaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Pentingnya suatu korporat untuk melakukan kegiatan komunikasi melalui Corporate Communications Strategy adalah karena perkembangan isi media massa dan teknologi informasi yang bisa menjadi sumber informasi “instan” tanpa proses editing. Dengan penerapan program Corporate Communications, organisasi/korporat dapat melakukan pensosialisasian pesan mengenai perbaikan dan perubahan- perubahan yang dilakukan oleh korporat ketika berada dalam situasi isu dan krisis. Manfaat dari semua perencanaan yang direalisasikan oleh Corporate Communications adalah untuk mempengaruhi efek kognitif/persepsi stakeholders dan masyarakat umum sehingga terbentuk persepsi positif mengenai korporat melalui informasi- informasi yang dimuat di berbagai media massa. Salah satunya melalui media surat kabar yang dibaca oleh publik. Media surat kabar biasanya menyediakan rubrik surat pembaca. Surat pembaca adalah surat yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ucapan terima kasih, dll, yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada perusahaan atau perorangan. Namun, isi surat pembaca yang ditulis di media bisa menjadi sumber informasi instan tanpa proses editing, sehingga orang atau publik yang membaca dan tidak mengalami dapat mendapat referensi dari orang yang menulis, sehingga dapat menimbulkan persepsi publik tentang korporat. Menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan teori manajemen public relations dan corporate communications. Hasil dan kesimpulan menunjukan bahwa isi surat pembaca mengenai PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk yang dimuat di media lebih dominan adalah jenis keluhan, permasalahan yang dominan adalah produk, arah surat pembaca cenderung unfavorable, strategi corporate communications adalah memonitor surat pembaca di media, mengklarifikasi dengan cepat, memberikan tanggapan ke media H+3, menggunakan Formula PEL, (Publicity Effectiveness Level) yaitu surat pembaca yang dominan keluhan dan cenderung unfavorable dapat diseimbangkan dengan publikasi berita-berita positif mengenai korporat, dan surat pembaca di media dapat menjadi isu karena publik yang membaca tidak mengalami tapi dia mendapat referensi dari orang yang menulis sehingga menimbulkan persepsi publik mengenai korporat. Saran yang bisa diajukan adalah sehubungan dengan tingginya surat pembaca yang berjenis keluhan mengenai produk dan unfavorable agar tetap cepat tanggap dalam menjawab atau merespon surat-surat pembaca yang masuk. Expert PDF Trial Importance of a corporation for commit communications activity via corporate communications stategy because development contents of mass media and information technology can become “instan” information source without editing process. With assembling corporate communications program, organization or corporation can commit message socialization process about betterment and challenges which made by corporation when be in issue and crisis situation. Benefit from all planning which realization by corporate communications is for influence stakeholders and general public cognitive or perception effect. So the forming positive perception about corporation by informations be contained in various mass media. One of them is via newspaper which easy to read by public. Press media which have more reader and more access by peoples in online media. Reader letter is letter which contain about response, criticism, suggestion, complaint, , dictum thankyou, etc. Reader letter is open letter which contain can easy to read by anyone and can addressed to corporation or an individual. Yet, contain of reader letter which write in media can become “instan” information source without editing. So it will peoples or public which easy to read and not experience can earn reference from peoples which writing, so it will can make various public perception. Used methodology descriptive qualitative with data collection like interview, observation, and literature. Building on public relations theory and corporate communications. Yield and conclusion is that contain of reader letter in media dominant is kind of complaint, problems about products, directions of reader letter is unfavorable, corporate communications strategy is monitored reader letter in media, fast clarification, giving respons to media day+3 , used PEL formula (publicity effectiveness level) which reader letter about complaint and unfavorable can balance with favorable news about corporation, and reader letter in media can be issue because public which easy to read not experience but found out reference from peoples which writing, so it will can make various public perception about corporation. Suggestion from writer is in keeping with more reader letter about product complain and unfavorable that fast for giving response, answer, and solution ingoing reader letters.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 06:52 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 06:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9080 |
Actions (login required)
View Item |