STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT RADIO TOP PERSADA FM CILEGON DALAM MENARIK MINAT DAN MEMPERTAHANKAN KLIEN UNTUK BERIKLAN

Taufiqurrohman, Muhammad Irfan (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT RADIO TOP PERSADA FM CILEGON DALAM MENARIK MINAT DAN MEMPERTAHANKAN KLIEN UNTUK BERIKLAN. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Radio siaran masih tetap menjadi pilihan untuk beriklan di tengah berkembangnya media lain, hal ini dipengaruhi oleh sifat radio yang memiliki tiga unsur yang ada di dalamnya, yaitu musik, kata-kata, dan efek suara. Seperti halnya media lain, radio hidup dan berkembang dengan aktifitas periklanan. Selain periklanan, promosi penjualan dan penjualan langsung juga memiliki fungsi penting untuk kelangsungan hidup radio siaran. Di sisi lain kini pengiklan semakin selektif dalam memilih media mana yang akan digunakan untuk memperkenalkan produknya. Kota Cilegon adalah salah satu kota di Propinsi Banten yang dikenal dengan kota industri, perkembangan yang terjadi di Cilegon memunculkan peluang usaha, ditengah peluang usaha tentu dibutuhkan media sebagai penghubung di tengah masyarakat. Perkembangan media telah lama berkembang di kota Cilegon. Salah satunya adalah Radio Top FM Cilegon, menjadi media penyiaran tertua di Kota Cilegon, dengan visi menjadi radio terbaik di Banten. Untuk mewujudkan visinya dibutuhkan strategi-strategi yang efektif di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai macam strategi yang digunakan oleh Radio Top FM Cilegon untuk menarik minat dan memperthankan klien. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada direktur, divisi marketing, dan klien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang lebih mengarah pada deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggali fenomena strategi yang digunakan Radio Top FM Cilegon dalam usaha menarik minat dan mempertahankan klien. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk menarik pengiklan yang digunakan oleh Radio Top FM Cilegon lebih memfokuskan strateginya pada periklanan, penjualan langsung, dan promosi penjualan. Sedangkan untuk mempertahankan pengiklan Radio Top FM Cilegon menggunakan strategi pemberian diskon harga iklan untuk paket tertentu dalam momen-momen khusus, serta paket diskon iklan harian. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Radio Siaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:40
Last Modified: 17 Nov 2016 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8987

Actions (login required)

View Item View Item