Paramitha, Hana (2013) PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KOMUNIKASI PENYEWA STAND EVENT BAZAR JOGJASUMMIT. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRACT print.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK print.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang telah mengubah cara berkomunikasi. Perkembangan internet memunculkan situs jejaring sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi secara virtual. Penggunaan Media Social Twitter dapat mempengaruhi tingkat eksistensi suatu event yang diselenggarakan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk membahas mengenai Apakah ada pengaruh Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Social Twitter terhadap tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja Summit yang merupakan perumusan masalah dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Teori Uses and Gratifications yang kemudian disinergikan dengan Strategi Komunikasi Pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Data hasil penelitian dianalisis dengan product moment, regresi linier sederhana, dan pengujian signifikasi, serta dikerjakan dengan menggunakan program SPSS versi 13 for windows. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan, interview, dan observasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil responden followers yang menyewa stand yang mengetahui informasi melalui Twitter. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis product moment maupun analisis regresi diketahui R square sebesar 0,571 sehingga ada hubungan antara Tingkat Penggunaan Media Sosial terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja Summit yang berpengaruh positif dan signifikan. Diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel X sebesar 0.229 dengan konstanta sebesar 2.751. Sehingga ada pengaruh antara X terhadap Y untuk setiap terjadi perubahan satu satuan angka. Tingkat hubungan Tingkat Penggunaan Media Sosial yang terdiri dari Jumlah tweets dimulai dari rekruitmen booth sampai dengan akhir acara, Jumlah followers akun twitter penyelenggara, dan Jumlah mention yang diterima selama penyelenggaraan event terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja Summit adalah sedang dan Tingkat Kepuasan Komunikasi Event Bazar Jogja Summit dipengaruhi oleh Tingkat Penggunaan Media Sosial sebesar 57,1% yang terdiri Jumlah tweets dimulai dari rekruitmen booth sampai dengan akhir acara, Jumlah followers akun twitter penyelenggara, dan Jumlah mention yang diterima selama penyelenggaraan event sedangkan 42,9% dipengaruhi oleh faktor lain seperti budaya, proses adaptasi, kebiasaan, dan norma-norma. Twitter is one of a social networking site that have change the way to communicate. The development of internet raise social networking site which have aim to fulfill human needs of virtual communication. The use of Twitter fiture in social media can influence the stage of an event existence. This things make the researcher interested to discuss about are there any influence of the use of Twitter fiture in social media to the stage of communication satisfaction of Jogja Summit Bazar Event which is the problem formulation of this research. Theory applied in this research is model theory of Uses and Gratifications. This theory also sinergyzed with the Marketing Communication Strategy. Research method applied is survey research. Data resulted from research analysed with product moment, simple linear regression, and significance testing, and also done by using SPSS program version of 13 for Windows. Data collecting technique applied is questionnaire, bibliography, interview, and observation. Research done by taking the active followers that rent stand for the event through twitter. Based on reliabilitity and validity test, all data is expressed valid. The research results by using product moment, it is known that R square equal to 0.571 so that there is relation between X and Y having a positive and significant effect. It is obtained that regression coefficient for variable X equal to 0.229 with constant equal to 2.751. So that there is influence from X on Y for every change happened of one numeral. Relation level of the use of twitter fiture in social media is medium and the ciggaretes the stage of communication satisfaction of Jogja Summit Bazar Event is influenced equal to 57.1% while 42.9% influenced by other factor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 02:31 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 02:31 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8915 |
Actions (login required)
View Item |