“STRATEGI PELAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN CITRA PERPAJAKAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN YOGYAKARTA”

Hastuti, Tri (2013) “STRATEGI PELAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN CITRA PERPAJAKAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN YOGYAKARTA”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (29kB)

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman sebagai instansi pemerintah yang mempunyai tugas melaksanakan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan Wajib Pajak. Dimata masyarakat citra instansi pajak untuk menangani masalah dengan pihak internal maupun eksternal salah satunya mempertahankan citra positif agar dapat terus terpelihara. Dalam hal ini strategi pelayanan merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan citra tentang perpajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pelayanan informasi dalam Meningkatkan Citra Perpajakan. Setelah melakukan penelitian pada KPP Pratama Sleman mengenai strategi pelayanan informasi untuk meningkatkan citra pajak dapat ditarik kesimpulan bahwa Dirjen Pajak khususnya KPP Pratama Sleman telah melakukan strategi pelayanan dalam memberikan sosialisasi dan informasi tentang pajak kepada wajib pajak dan masyarakat melalui beberapa media baik cetak maupun elektronik, dari tahun ketahun jumlah masyarakat yang menjadi wajib pajak di wilayah kerja KPP Pratama Sleman terus mengalami peningkatan, target penerimaan pajak dari tahun ketahun juga mengalami peningkatan. Pelayanan yang diberikan KPP Pratama Sleman kepada wajib pajak meliputi lima dimensi strategi pelayanan yang meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sementara itu konsep pelayanan prima yang dilakukan meliputi kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan dan kenyamanan. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya maka optimalisasi kualitas pelayanan harus ditingkatkan oleh aparat pajak, tentu kepatuhan yang diharapkan adalah kepatuhan secara sukarela (voluntary compliance), jadi optimalisasi kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak secara sukarela (voluntary compliance). Salah satu strategi yang dilakukan oleh KPP Pratama Sleman adalah sosialisasi tentang pajak ke sekolah yang disebut dengan program tax goes to school sosialisasi juga dilakukan dengan memasang spanduk atau baliho dan juga menyebarkan brosus yang berisi tentang informasi pajak, juga bagi wajib pajak diadakan sosialisasi tentang penomoran faktur pajak. Kata kunci : Strategi Pelayanan Informasi, Citra Pajak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Nov 2016 09:28
Last Modified: 16 Nov 2016 09:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8906

Actions (login required)

View Item View Item