ANALISA PENGELOLAAN ADMINISTRSI BARANG INVENTARIS SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN 2012 (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri di Kota Magelang )

WEDI, WARSITO (2012) ANALISA PENGELOLAAN ADMINISTRSI BARANG INVENTARIS SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN 2012 (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri di Kota Magelang ). Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Microsoft_Word__tesis_warsito_wedi_243090005_MIE_UPN.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word__tesis_warsito_wedi_243090005_MIE_UPN.pdf

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of Microsoft_Word__Document_in_Scrap.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word__Document_in_Scrap.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan Administrasi Barang Inventaris dan Pelaporan Barang inventaris
yang tertib, cepat dan tepat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
merupakan salah satu tujuan untuk memperolah suatu gambaran tentang besarnya
kekayaan daerah yang dimiliki oleh Daerah tersebut. Namun tidak demikian halnya
dengan pengelolaan Administrasi Barang Inventaris serta Pelaporan Barang Inventaris
yang dilaksanakan oleh Sekolah-sekolah Dasar Negeri di kota Magelang yang dalam
Pengelolaannya banyak menemui kendala dan hambatan-hambatan sehingga
diperlukan perhatian khusus mengapa dan apa masalah yang dihadapinya Sekolahsekolah
tersebut dalam penyelesaian kegiatan pengelolaan administrasi barang
inventaris tersebut serta dalam pelaporannya. Hal yang sangat logis dan masuk akal
yang sering menjadi hambatan utama adalah Petugas Pengurus Barang tersebut
kebanyakan para Guru yang mempunyai tugas utama mengajar. Dengan beban
mengajar yang rata-rata diatas 24 jam perminggu Guru tersebut sangat sulist membagi
waktu untuk mengerjakan tugas sampiran sebagai petugas pengurus barang dengan
cepat dan tepat waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi permasalahan dan hambatan yang
terjadi berkaitan dengan Pengelolaan Administrasi Barang Inventaris Sekolah dan
Pelaporan barang Inventaris Sekolah sehingga dapat dicari solusi terbaik untuk
mengatasi permasalahan tesebut.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
data primer adalah beradasarkan wawancara dan hasil perolehan dengan penyebaran
kuisioner langsung kepada obyek penelitian yaitu ke Sekolah Dasar Negeri di Kota
Magelang sedang Data Sekundernya adalah hasil pemeriksaan dilapangan serta
sumberdaya manusia yang menanganinya serta sarana prasarana yang dimilkinya.
Hasil analisa yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase rata-rata Kegiatan
Pengelolaan Administrasi barang Inventaris secara keseluruhan dari sekolah yang
dijadikan sampel mencapai angka 81,66%, artinya dalam pengelolaan administrasi
barang inventaris belum/kurang maksimal, sedangkan Kegiatan Pelaporan barang
Inventaris diperoleh rata-rata prosentase kegiatan secara menyeluruh diperoleh angka
sebesar 79,43%, artinya dalam pelaporan barang Inventaris tersebut belum dapat
dikatakan tepat waktu dalam pelaporannya dan masih jauh dari harapan yang
diinginkan Pemerintah Kota Magelang.
Dari hasil tersebut dan untuk kedepan agar menjadi lebih tertib dan lancar
dalam pengelolaan administarsi barang inventaris dan Pelaporan Barang inventaris
kepada Dinas Pendidikan dan Bagian Perlengkapan Setda Kota Magelang untuk
mengupayakan aturan yang sama agar petugas Pengurus barang dapat melaksanakan
Kegiatan tersebut dengan tertib dan lancar.
Kata-kata Kunci : SD Negeri, Pengelolaan Administarsi Barang Inventaris, Pelaporan Barang Inventaris

Inventory Management and Administrative Reporting inventory items orderly,
rapid and precise and can be accounted for truth is one of the purposes for obtaining a
picture of the magnitude of the wealth owned by the Region. But is not the case with the
administrative management of the Inventory and Inventory Reporting undertaken by
Public Elementary Schools in the town of Magelang The management of the many
obstacles and barriers that need special attention why and what his problems schools
are in progress administrative activities such inventory as well as in its reporting. It is
very logical and reasonable that often the main obstacle is that most of the Goods
Executive Officer of the teacher who has primary responsibility to teach. With a
teaching load that averaged over 24 hours per teacher is very sulist divide the time to
do the job as officer goods quickly and on time.
This study aims to estimate the problems and obstacles that occur related to the
Inventory Management Administration and Reporting Schools School Inventory items
can be searched so that the best solution to overcome the problem of proficiency level.
The data used in this study is the primary data and secondary data. The primary data is
beradasarkan interviews and questionnaires with the deployment proceeds directly to
the object of research is to Elementary School in Magelang is a secondary data are the
results of the field as well as human resources and infrastructure to handle the owny.
Analysis results obtained showed that the average percentage of administrative
management activities as a whole inventory of goods of the sampled schools reached
81.66%, meaning that the administrative management of inventory goods not / less
than the maximum, while the Activity Reporting Inventory of goods obtained by the
average percentage overall activity rate of 79.43% is obtained, meaning that the
reporting of inventory items that can not be said to be timely in its reporting and is still
far from desired Magelang Municipality.From these results and for the future in order
to become more orderly and smooth administarsi inventory management and reporting
of inventory items to the Department of Education and Section Equipment Magelang
Regional Secretariat to pursue the same rules that the Board staff to carry out activities
such goods in an orderly and smooth.
Keywords: elementary school, Administarsi Inventory Management, Inventory Reporting

Item Type: Thesis (Masters)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 11 Nov 2016 07:19
Last Modified: 11 Nov 2016 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item