ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PADA INVESTASI JALAN LINTAS TIMUR PROPINSI JAMBI

Gumanti, Tristen (2012) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PADA INVESTASI JALAN LINTAS TIMUR PROPINSI JAMBI. Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of DAFTAR ISI tristen 8.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI tristen 8.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ulang aspek ekonomi
berdasarkan perkembangan ekonomi sekarang. Metode analisis ekonomi yang
digunakan adalah benefit cost ratio (BCR), net present value (NPV), internal rate of
return (IRR), Profitability ratio, dan analisa sensitivitas. Manfaat secara ekonomi dari
pembangunan jalan umumnya memperhitungkan manfaat langsung berupa
penghematan dari pemakai jalan berupa penghematan biaya operasi kendaraan dan
penghematan nilai waktu. Manfaat tidak langsung/ekonomi makro berupa PDRB
(Produk Domestik Regional Bruto) akan disertakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan hanya memperhitungkan manfaat
langsung kelayakan ekonomi pada suku bunga 12,5% diperoleh nilai BCR = 1,08;
NPV = 12.240.994; IRR = 21,05% dan PI = 2,19 serta dengan menyertakan manfaat
tidak langsung berupa PDRB kelayakan ekonomi proyek ini cukup sensitive terhadap
risiko investasi dengan suku bunga 17% dan juga bila terjadi peningkatan biaya
pemeliharaan 11%, biaya operasional 49% dan manfaat turun 7%.
Kata kunci: Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR),
Profitability Ratio, Analisa Sensitivi

This paper analysis the economics aspects based on the existing economic
development using the cost benefit analysis method. The economic benefits of road
construction generally account for the direct benefit of road users in the form of
savings on vehicle operating costs and the time value. Mean while, indirect benefit in
the form of macroeconomic GRDP (Gross Regional Domestic Product) is included in
this study.
Based on the results of that analysis,if the economics feasibility of a direct
benefit on the interest rate of 12,5% BCR = 1,08; NPV = 12240994; IRR = 21,05%,
PI = 2,19. With the inclusion of GDP benefits of macro economics, the feasibility of
this project is quite sensitive. This happened if the investment risk on the interest rate
of 17%, 11% increase in maintenance cost, 49% increase in operational cost and 7%
decrease in benefit.
Key words: Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR),
Profitability Ratio, Analisa Sensitivitas
Keywords: Retributio

Item Type: Thesis (Masters)
Subjek: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:53
Last Modified: 11 Nov 2016 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8694

Actions (login required)

View Item View Item