“Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Surat Kabar Harian Jawa Pos Radar Jogja dalam Menghadapi Kompetitor”

KARTIKA A YUDHA, RYGEN N (2013) “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Surat Kabar Harian Jawa Pos Radar Jogja dalam Menghadapi Kompetitor”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Media cetak merupakan salah satu media massa yang hingga saat ini masih terjaga eksistensinya dan dianggap masih memiliki masa depan cerah karena mampu membangun kedekatan dengan pembaca. Bahkan fenomena dalam kurun waktu beberapa tahun ini, pertumbuhan media cetak khususnya di Yogyakarta mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini membuat persaingan media cetak semakin ketat. Maka dari itu penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran terpadu Surat Kabar Harian Jawa Pos Radar Jogja dalam menghadapi kompetitor. Tujuannya mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran terpadu Surat Kabar Harian Jawa Pos Radar Jogja dalam menghadapi kompetitor. Teori yang digunakan adalah teori niche dengan menitikberatkan pada types of audience (jenis khalayak sasarannya). Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan aktivitas komunikasi pemasaran terpadu Jawa Pos Radar Jogja. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan dilakukan dengan mengenali audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, dan memilih media. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan melakukan program penjualan nonkonvensional, event, program eceran, program langganan, dan program Jogja Society. Pelaksanaan program tersebut didukung dengan alat-alat bauran promosi yang meliputi periklanan (iklan media lini atas dan bawah), promosi penjualan (promo berlangganan Jawa Pos Radar Jogja dapat hadiah), aktivitas humas (sponsorship), penjualan personal (sales marketing), dan pemasaran langsung (telemarketing dan penawaran melalui e-mail). Langkah terakhir adalah evaluasi mengenai efektivitas komunikasi pemasaran terpadu yang dinilai sudah baik oleh pelanggan Jawa Pos Radar Jogja maupun dari pelaksanaan event.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:27
Last Modified: 07 Nov 2016 08:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item