Trihatmojo, Darmawan (2013) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION CV ALVIN PHOTOGRAPHY DALAM MEMPERTAHANKAN POSITIONING PERUSAHAAN DI TENGAH PERSAINGAN BISNIS JASA FOTOGRAFI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
![]() ![]() Preview |
Image
SCANT 1.jpg Download (563kB) | Preview |
![]() ![]() Preview |
Image
SCANT 2.jpg Download (747kB) | Preview |
![]() ![]() Preview |
Image
SCANT 3.jpg Download (461kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat tema strategi marketing communication CV Alvin
Photography dalam mempertahankan positioning perusahaan di tengah persaingan bisnis jasa
fotografi. Latar belakang penelitian ini adalah keberhasilan Alvin Photography dalam
mendapatkan banyak klien, baik personal maupun perusahaan besar. Alvin Photography eksis di
tengah persaingan jasa fotografi sehingga strategi marketing communication apa yang digunakan
Alvin Photography dalam mempertahankan positioning yang telah diperoleh ditengah persaingan
bisnis jasa fotografi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, sehingga memperoleh hasil yang mendalam untuk mengetahui secara sistematis
strategi marketing communication CV Alvin Photography dalam mempertahankan positioning
perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada informan yaitu
Director dan Marketing dari CV Alvin Photograpy. Pengujian validitas data peneliti juga
melakukan wawancara dengan Bapak Andy Fajar General Manager FoodFest selaku klien,
Yudanto Aji Nugroho tim kreatif dari Imperial Photography selaku pesaing.Berdasarkan hasil
penelitian segmentasi adalah perencanaan awal CV Alvin Photography adalah menengah ke atas
baik personal maupun perusahaan. Selain itu menjelaskan positioning perusahaan yaitu sebagai
perusahaan jasa fotografi yang up to date, kreatif, dan elegan. Pelaksanaan strategi marketing
communication menggunakan keunggulan internal perusahaan antara lain kapabilitas karyawan
dan client’s service. Selain itu kegiatan eksternal perusahaan antara lain partisipasi dalam
wedding exhibition, direct selling, periklanan dan publikasi. Evaluasi strategi marketing
communication yang telah dilaksanakan diambil kebijakan baru untuk tahun berikutnya pada CV
Alvin Photography. Strategi marketing communication sudah efektif walaupun tidak
menggunkan semua bauran komunikasi jasa. Hal ini dilihat dari tanggapan positif dari klien dan
komptitor terhadap CV Alvin Photography. Selain itu award yang diterima dan juga eksistensi
perusahaan di pasar nasional walaupun notabenya bukan merupakan market leader di
Yogyakarta menambah pencitraan baik bagi CV Alvin Photography.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 03:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 03:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |