Trihatmojo, Darmawan (2013) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION CV ALVIN PHOTOGRAPHY DALAM MEMPERTAHANKAN POSITIONING PERUSAHAAN DI TENGAH PERSAINGAN BISNIS JASA FOTOGRAFI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Image
SCANT 1.jpg Download (563kB) | Preview |
|
|
Image
SCANT 2.jpg Download (747kB) | Preview |
|
|
Image
SCANT 3.jpg Download (461kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat tema strategi marketing communication CV Alvin Photography dalam mempertahankan positioning perusahaan di tengah persaingan bisnis jasa fotografi. Latar belakang penelitian ini adalah keberhasilan Alvin Photography dalam mendapatkan banyak klien, baik personal maupun perusahaan besar. Alvin Photography eksis di tengah persaingan jasa fotografi sehingga strategi marketing communication apa yang digunakan Alvin Photography dalam mempertahankan positioning yang telah diperoleh ditengah persaingan bisnis jasa fotografi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sehingga memperoleh hasil yang mendalam untuk mengetahui secara sistematis strategi marketing communication CV Alvin Photography dalam mempertahankan positioning perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada informan yaitu Director dan Marketing dari CV Alvin Photograpy. Pengujian validitas data peneliti juga melakukan wawancara dengan Bapak Andy Fajar General Manager FoodFest selaku klien, Yudanto Aji Nugroho tim kreatif dari Imperial Photography selaku pesaing.Berdasarkan hasil penelitian segmentasi adalah perencanaan awal CV Alvin Photography adalah menengah ke atas baik personal maupun perusahaan. Selain itu menjelaskan positioning perusahaan yaitu sebagai perusahaan jasa fotografi yang up to date, kreatif, dan elegan. Pelaksanaan strategi marketing communication menggunakan keunggulan internal perusahaan antara lain kapabilitas karyawan dan client’s service. Selain itu kegiatan eksternal perusahaan antara lain partisipasi dalam wedding exhibition, direct selling, periklanan dan publikasi. Evaluasi strategi marketing communication yang telah dilaksanakan diambil kebijakan baru untuk tahun berikutnya pada CV Alvin Photography. Strategi marketing communication sudah efektif walaupun tidak menggunkan semua bauran komunikasi jasa. Hal ini dilihat dari tanggapan positif dari klien dan komptitor terhadap CV Alvin Photography. Selain itu award yang diterima dan juga eksistensi perusahaan di pasar nasional walaupun notabenya bukan merupakan market leader di Yogyakarta menambah pencitraan baik bagi CV Alvin Photography.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 03:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 03:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8431 |
Actions (login required)
View Item |