RITRIA KUSUMANDARI, NUNGKI (2013) STUDI DESKRIPTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE OLEH HIJABERS COMMUNITY YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN FASHION BUSANA MUSLIMAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Busana dikatakan mampu menggambarkan identitas seseorang. Busana merupakan komunikasi, yaitu bahwa dengan melihat cara seseorang berbusana dapat menunjukkan pribadi dari orang tersebut, baik dari sisi religiusitas, formal, eksentrik maupun fashionable. Sebagai bangsa yang berbudaya dan merupakan salah satu Negara dengan penduduk yang mayoritas terbesar memeluk agama Islam, busana muslim memiliki nilai tersendiri dalam pandangan masyarakat. Dengan didasarkan pada kebutuhan akan busana muslim yang nyaman untuk dipakai dan sesuai dengan perkembangan masyarakat modern, komunitas wanita muslimah yang menamakan diri mereka Hijabers Community menerapkan sebuah konsep berpakaian muslimah modern yang disebut Hijab. Pengembangan fashion muslimah atau hijab itu sendiri disampaikan melalui media yang dianggap mampu menjangkau khalayak secara intens dan mudah diterima. Media baru seperti internet merupakan jembatan penghubung yang dinilai lebih efektif, cepat dan mudah diterima oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana media online berfungsi sebagai media perantara bagi komunitas Hijabers dalam mengembangkan fashion berbusana muslimah yang modern namun tetap pada syariah Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan ketua umum Hijabers Community Yogyakarta, anggota komite Hijabrs Community Yogyakarta dan masyarakat umum, serta dengan melakukan observasi langsung dan mengumpulkan data-data lain dari Hijabers Community Yogyakarta dan media online sebagai pelengkap. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media online oleh Hijabers Community Yogyakarta meliputi Twitter, Facebook, Blog dan Blackberry messenger sebagai pusat informasi dan penyebaran pesan. Dari media online tersebut, penggunaan twitter sekaligus facebook dan blackberry messenger dianggap paling efektif dan aktif. Sedangkan yang paling dianggap menarik oleh khalayak yaitu content gambar dan video yang diunggah pribadi oleh para anggota Hijabers Community melalui youtube dan instagram. Dalam pelaksanaan pemanfaatan media online masih menemui beberapa kendala seperti kesibukkan dari para anggota Hijabers itu sendiri, sehingga aktifitas yang dilakukan melalui media online hanya gencar dilakukan saat akan diadakan kegiatan saja. Permasalahan itu yang menjadikan pemanfaatan dari media online menjadi kurang optimal Kata kunci : Media Online, Komunitas, Fashion
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 02:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 02:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8428 |
Actions (login required)
View Item |