Jaya, Erfandi Fitra (2014) PENGARUH TERPAAN PROGRAM ACARA CELEBRITY ON VACATION – TRANS TV TERHADAP MINAT BERWISATA DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Celebrity on Vacation merupakan program acara yang berisi tentang peliputan beberapa objek wisata, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia yang dikemas secara dokumenter yang menggunakan minimal dua artis sebagai bintang tamu dalam berwisata. Acara televisi Celebrity on Vacation memberikan informasi tempat wisata untuk berpetualang mengunjungi tempat-tempat unik dan menarik sambil menikmati liburan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara terpaan program acara Celebrity on Vacation – Trans TV terhadap minat berwisata di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori Kultivasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode surveiyang mengambil sampel sebanyak 77 responden dari populasi sebanyak 334 mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis product moment dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil korelasi productmoment yaitu sebesar 0,892. Hasil dari analisis diperoleh koefisien regresi sebesar 0,860 dan nilai konstanta sebesar 0,421. Nerdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minat berwisata di kalangan mahasiswa sebesar 0,421 dan dan setiap peningkatan terpaan program acara Celebrity on Vacation-Trans TV per satu satuan akan memberikan peningkatan minat berwisata sebesar 0,860, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara terpaan program acara Celebrity on Vacation terhadap minat berwisata mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan dapat dilihat dari perolehan data terpaan program acara Celebrity on Vacation-Trans TV yaitu sebagian besar masuk kategori tinggi dan minat berwisata di kalangan mahasiswa sebagian besar masuk kategori sedang, jika terpaan program acara Celebrity on Vacation-Trans TV semakin tinggi maka efek yang ditimbulkan adalah semakin tingginya minat berwisata di kalangan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 02:07 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 02:07 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8366 |
Actions (login required)
View Item |