ANALISIS STRATEGI IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT HOLCIM INDONESIA TBK PABRIK CILACAP SEBAGAI FUNGSI COMMUNITY DEVELOPMENT MELALUI POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA

NURHANISAH, NUKE (2014) ANALISIS STRATEGI IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT HOLCIM INDONESIA TBK PABRIK CILACAP SEBAGAI FUNGSI COMMUNITY DEVELOPMENT MELALUI POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK nuke.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility melalui posdaya serta menganalisis program posdaya yang berjalan sebagai fungsi pemberdayaan masyarakat (community development). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik wawancara dan studi pustaka serta pengkajian data yang ada. Setiap perusahaan industri yang berdiri ditengah-tengah masyarakat perlu menyadari bahwa menjalankan tanggungjawab sosial tidak lagi sekedar donasi, namun lebih kepada apa yang diberikan tersebut sifatnya membangun serta mampu memberikan manfaat berkelanjutan. Program Corporate Social Responsibility yang dijalankan PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap sebagai fungsi community development memiliki strategi jitu dalam merancang program-program pemberdayaan salah satunya melalui Posdaya. Berlandaskan triple bottom line serta sosial mapping dan analisis rekomendasi program sebagai dasar kuat, menjadi suatu bagan strategi program pemberdayaan yang efektif. Tanggung jawab sosial PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap melalui Posdaya dilaksanakan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk selalu mempunyai nilai tambah di lingkungan masyarakat sekitar dan untuk mencapai kinerja yang lebih baik dan berkelanjutan. Posdaya memiliki 4 pilar yang memenuhi aspek pembangunan. Keempat pilar tersebut adalah bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang lingkungan. Pada implementasinya, Posdaya mendukung masyarakat dalam mengembangkan modal sosial yang mereka miliki dengan merajut keempat pilar tersebut untuk menuju peningkatan taraf kehidupan dan kesejahteraan. Maka dari itu, PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap memilih posdaya sebagai salah satu perwujudan program csr untuk masyarakat sekitar pabrik yang mampu mendukung pemberdayaan masyarakat Cilacap. xv

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:39
Last Modified: 03 Nov 2016 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8293

Actions (login required)

View Item View Item