STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MERAPI INDAH MAGELANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN

Pratama, Fery (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MERAPI INDAH MAGELANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Persaingan radio tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia tetapi juga di kota kecil seperti Magelang. Radio Merapi Indah Magelang menerapkan berbagai strategi untuk bersaing dalam mendapatkan pengiklan, yang menjadi pesaing yaitu radio CBS FM karena memiliki sasaran pasar dan program siaran yang hampir sama dengan radio Merapi Indah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio Merapi Indah Magelang dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan beserta faktor penghambat dan pendukungnya. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya radio Merapi Indah Magelang dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan melalui lima elemen strategi komunikasi pemasaran yaitu periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan, publisitas dan public relations, dan pemasaran langsung. Strategi lain yaitu dengan service spreading yang merupakan layanan kepada pemasang iklan dalam membantu menjualkan produknya ke warung-warung. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung serta penghambat strategi komunikasi pemasaran yang telah direncanakan. Faktor pendukung antara lain kredibilitas yang dibangun selama 20 tahun, mempunyai pendengar yang loyal, memiliki service spreading pemerataan produk dari klien, mempunyai berbagai macam produk jasa yang di tawarkan, posisioning yang mampu menarik perhatian klien, promosi yang efektif dan efisien, dan peralatan yang lengkap untuk mendukung aktivitas promosi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) yang kurang profesional karena keterbatasannya jumlah karyawan dan masalah persaingan harga. Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, radio, service spreading

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:24
Last Modified: 02 Nov 2016 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item