SARI, SINDHY PERMATA (2014) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA N 1 KARANGANOM, KLATEN. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar terdapat 2 proses utama yaitu proses belajar yang dilakukan oleh murid dan proses mengajar yang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dan murid pada mata pelajaran Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar, serta hambatan yang dihadapi guru dan murid dalam menjali proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat dijelaskan bahwa pola komunikasi yang digunakan dalam interaksi antara guru dan murid adalah pola komunikasi kelompok, sebagian besar proses belajar mengajar dilakukan di dalam kelas dengan jumlah komunikan yang lebih dari 2 orang. Sedangkan proses pola komunikasi interpersonal, lebih digunakan dalam proses belajar mengajar di luar kelas atau di luar sekolah. Proses komunikasi interpersonal hanya sebagai pendukung proses komunikasi kelompok. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa salah satu faktor keberhasilan proses belajar mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris adalah bukan hanya adanya proses komunikasi secara dua arah antara guru dan murid tetapi juga terciptanya komunikasi dua arah antara guru dan wali murid. Komunikasi antara guru, murid dan wali murid menjadi suatu proses komunikasi yang sirkuler, dimana tidak bisa dipisahkan antara variable manusiawi satu dengan lainnya. Proses tersebut demi terciptanya keberhasilan murid dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 01:49 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 01:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8242 |
Actions (login required)
View Item |