DEPIYA, DEPIYA (2013) DAMPAK KRISIS EKONOMI AMERIKA SERIKAT TAHUN 2008 TERHADAP EKSPOR CHINA KE AMERIKA SERIKAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK Bhs Indonesiea Depi.pdf Download (40kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT Bhs Inggris Depi.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Krisis ekonomi adalah suatu situasi dimana ekonomi dari sebuah negara
mengalami penurunan secara mendadak yang disebabkan oleh suatu krisis
keuangan. Pada tahun 2008, Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi yang
bermula dari kasus suprime mortage. Dengan adanya krisis Amerika tahun 2008
berdampak besar pada perkembangan ekonomi di China, khususnya pada
perdagangan ekpor ke Amerika Serikat yang sebelumnya merupakan strategi
China dalam meningkatkan perekonomiannya. Salah satu kebijakan pemerintah
China yang berpengaruh besar dalam perkembangan perekonomian China adalah
kebijakan ekspor yang mengembangkan berbagai industri yang menguasai pasar
dunia dan melejitkan pertumbuhan ekonomi. Insentif pajak merupakan suatu
kebijakan pemerintah Cina dalam merespon krisis ekonomi Amerika Serikat
tahun 2008 yang berdampak pada perekonomian Cina khususnya dalam sektor
perdagangan internasional. Insentif pajak tersebut meliputi penurunan tarif pajak
di hampir semua komoditas ekspornya, menaikkan tarif rabat pajak, dan kebijakan
insentif pajak bagi industri dengan nilai ekspor tinggi. Selain itu juga
penyederhanaan prosedur ekspor mempermudah eksportir dalam melakukan
perdagangan sehingga meningkatkan minat industri-industri di China dalam
melakukan perdagangan ekspor. Kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh
pemerintah cina tidak hanya semata-mata pada kebijakan insentif pajak saja,
namun kebijakan non-fiskal yang mendukung pertumbuhan ekspor di Cina pun
diterapkan oleh pemerintah Cina. Kebijakan tersebut meliputi kebijakan subsidi
untuk berbagai bidang, antara lain subsidi pemberian pinjaman, subsidi biaya
tenaga kerja, subsidi bahan mentah, dan subsidi sumber daya energi. Selain hal
tersebut upaya pemerintah cina dalam mempertahankan perdagangan ekspornya
pada masa krisi dilakukan dengan promosi ekspor agar meningkatkan volume
ekspor di pasar Amerika Serikat. Promosi ekspor tersebut meliputi membuka
kantor cabang baru di Amerika Serikat, mengadakan pameran di pasar Amerika
Serikat, dan mengundang pengusaha atau investor Amerika Serikat ke China.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 06:40 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 06:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |