PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGENALKAN JENIS PERMAINAN ANAK YANG MENDIDIK DI PALGADING NGAGLIK SLEMAN

HAYATI, WIWIT (2014) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGENALKAN JENIS PERMAINAN ANAK YANG MENDIDIK DI PALGADING NGAGLIK SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anak merupakan satu karunia tuhan dalam hubungan berumah tangga. Perkembangan anak menjadi tanggung jawab dari orang tua. Mengenai permainan anak masa kini yang sudah tidak asing dengan permainan modern. Permainan modern yang kini terdapat dalam gadget, hampir semua anak-anak kini sudah memiliki gadget yang digunakan untuk bermain setiap harinya. Peran orang tua menjadi penting melihat hal ini sebagaimana latar belakang dan rumusan masalah yang di buat adalah “Bagaimana Peran Komunikasi Interpersonal Keluarga Dalam Mengenalkan Jenis Permainan Anak Yang Mendidik Di Padukuhan Palgading RT 03 RW 18 Ngaglik Sleman?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi orang tua kepada anak dalam mengenalkan jenis permainan kepada anak terutama permainan yang mendidik di keluarga padukuhan palgading ngaglik RT 05 RW 18. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal berperan penting dalam hubungan berkeluarga yang harmonis. Melalui komunikasi interpersonal model peran orang tua berperan sebagai guru dan sahabat bagi anak. Kedua peran tersebut sebagai upaya untuk mengajarkan pendidikan dan permainan kepada anak. Skema hubungan keluarga serta interaksi yang terjadi dalam keluarga mempengaruhi cara berkembang anak. Hambatan yang terjadi berupa kesulitan dalam pengawasan orang tua terhadap anak, karena anak sudah mengenal lingkungan luar teman-teman yang semakin banyak yang membawa pengaruh gaya bermain. Proses komunikasi orang tua dengan anak yang kurang baik mempengaruhi peran orang tua kepada anak. Pendidikan orang tua mempengaruhi hambatan penerapan permainan yang mendidik bagi anak. Orang tua dengan pendidikan rendah dan kesibukan padat cenderung tidak peduli dengan kegiatan anak. Bagaimana hubungan komunikasi orang tua dan anak mempengaruhi hasil akhir dari permainan yang diajarkan orang tua kepada anak. Kata Kunci: Orang Tua Dan Anak, Peran Orang Tua, Permainan Anak , Komunikasi Interpersonal, Model Peran, Keluarga. ABSTRACT Child is a gift from God in a household relations. Parents have a responsibility in their child’s growth. About a children’s game, children now are familiar with the modern game. The modern game now can easily found in a every gadget, almost all the children now have a gadget that is used to play everyday. Parental role is being important in this case, like as background and formulation of the problem that have been made in this research, “ How the role of family interpersonal communication introduce the games that can educate children at Palgading Village RT 03 RW 18 Nganglik Sleman ?”. this research have a purpose to find out the role of parental communication in order to introduce the children’s game that can be educated in a family at Palgading Ngaglik RT 05 RW 18. Method that have been used in this research is a qualitative description. Data obtained have been analyzed discriptively presented in narrative form, arranged detailed an sistematic. The result of this research showed that interpersonal communication have a important role in a good family relationship. Trough interpersonal communication, parents have a role to be a teacher and a chil’s pal. Both of that role is an effort to teach an education an games to children. Scheme of family relationships and interactions that occur within the family affects the way of a children’s growth. Barriers that occur was how hard the parental supervision to their children, because a child has been known external environment, more of friends which carries the influence of the style of play. The process of communication with the child's parents are adversely affecting the role of parent to child. Education and rushing of their parents influence the implementation barriers educational games for children. A low educational parents and with a solid rushing tend didn’t care with their child’s activity. How does a parent and child communication affect the final outcome of the game that taught parents to children. Key words : Parents And Children, Role Of Parents, Child’s Game, Interpersonal Communication, Role Model, Family.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 28 Oct 2016 06:40
Last Modified: 28 Oct 2016 06:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item