TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS (Analisis Isi Tentang Interaksi Selebritis Agnes Monica dan Raditya Dika Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agustus – 30 Agustus 2013)

Sari, Melinda Puspita (2013) TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS (Analisis Isi Tentang Interaksi Selebritis Agnes Monica dan Raditya Dika Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agustus – 30 Agustus 2013). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

media komunikasi, tetapi juga digunakan untuk berinteraksi dengan teman, keluarga ataupun selebritis. Selebritis yang diteliti oleh peneliti adalah Agnes Monica dan Raditya Dika, karena mempunyai follower terbanyak di bandingkan dengan selebritis lain. Followers terbanyak adalah Agnes Monica dengan followers 7.401.941 dan Raditya Dika mempunyai followers 4.676.954. Tujuan penelitian untuk mengetahui interaksi selebritis dengan followers dalam menggunakan twitter sebagai media komunikasi dan mengetahui isi tweet selebriti terhadap respon followers. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Analisis isi. Penulis menganalisis isi tweet selebritis periode 10 Agustus – 30 Agustus 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa inggris lebih di gunakan oleh Agnes Monica dengan 81,5%. Unit analisis typography lebih banyak menggunakan Mostly Words dan Words and Links to Picture, karena Agnes Monica memiliki 40,7% untuk kategorisasi Words and Links dan Words and Links Picture, sedangkan Raditya Dika 43,9% Mostly Words dan 29,9% untuk Words and Links to Picture. Unit analisis Purpose, To connect with fans lebih mengarah ke Raditya Dika karena lebih dekat dengan follower dengan persentase 39%, sedangkan Agnes Monica lebih dominan To Share Interest 35,2%. Unti analisis Pass Long, Agnes Monica lebih me-Retweet tanpa mengkomen dengan 38,9% di bandingkan Raditya Dika dengan 36,6% menggunakan Retweet dengan mengkomen dari followers. Unit analisis Jenis Respon lebih dominan Raditya Dika dengan 41,5% untuk tweet yang langsung di respon dan 5,6% untuk Agnes Monica dengan tweet yang sedikit di respon. Keywords: twitter, selebriti, interaksi, analisis isi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:09
Last Modified: 28 Oct 2016 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item