Kirana, Devi Pradysta (2014) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA RUMAH MAKAN PARADIS RESTO DI GAMPING YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN KEHARMONISAN KARYAWAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia berkat
peninggalan budaya, seni, tempat-tempat wisata yang menarik serta jajanan
kulinernya yang beraneka ragam. Persaingan bisnis kuliner di kota Yogyakarta
yang semakin kuat membuat perusahaan harus mampu bertahan. Pengelolaan
manajemen, pola dan aliran komunikasi organisasi yang harmonis antar karyawan
dalam perusahaan merupakan penentu keberhasilan perusahaan dalam mengatasi
persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dan arah
aliran komunikasi organisasi yang ada di rumah makan Paradise Resto dalam
menciptakan hubungan yang harmonis anatara karyawan didalamnya. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang
bertujuan menggambarkan fenomena- fenomena komunikasi organisasi di rumah
makan Paradise Resto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara yang mendalam serta studi kepustakaan yang sesuai dengan
penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dilapangan, maka
dapat dijelaskan bahwa komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi
lintas saluran serta pola komunikasi yang tercipta di rumah makan Paradise Resto
berjalan lancar baik itu komunikasi formal ataupun informalnya. Semua anggota
organisasi dapat saling berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik.
Dari hasil penelitian tampak bahwa kegiatan komunikasi yang terjadi selalu
mengedepankan keterbukaan, hubungan kekeluargaan cukup kuat, kerja tim yang
solid dan masing – masing anggota organisasi mampu bersosialisasi dengan baik
sehingga suasana kinerja perusahaan menjadi kondusif dan nyaman bagi seleuruh
anggotanya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan mampu membentuk
pola dan aliran komunikasi yang baik dan lancar sehingga mampu menciptakan
hubungan yang harmonis diantara karyawan di rumah makan Paradise Resto
v
ABSTRACT
Yogyakarta is one of Indonesia’s tourist destination due to the cultural
heritage art, tourist place of interst as well as the diverse culinary snacks. Culinary
competition in Yogyakarta is getting stronger makes the company should be able
to survive. Management of management, organizational communication
pattern and harmonious flow between employees in the company is the
determinant of the company’s success in overcoming the competition. This
research aims to know the flow of pattern and direction of the organizational
communication in Paradise Resto Restaurant in creating a harmonious relation
among the employees in it. Method of this research was a descriptive
qualitative one which aimed to describe phenomena of organizational
communication in Paradise Resto Restaurant. Data collecting techniques were
performed by observation, in-depth interview, and study of literatures
appropriate with this research. Based on result of the research from the location
can be explained that vertical communication, horizontal communication,
cross-line communication, and organizational communication patterns which
are created in Paradise Resto Restaurant run well either formally or informally.
All members of this organization are able to communicate and deliver messages
well each other. Results of the research shows that the communication
activities always be performed open-mindedly, the organization members
also have a quiet strong relationship, a solid team-work and each member
of that organization is able to socialize well so performance of this organization is
being conducive and comfortable for all. This can be concluded that organization
is able to form a good and liquid pattern and flow of communication therefore a
good and harmonious relation can be taking place among the employees of this
restaurant.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:03 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |