RAHMADI, THOMAS (2014) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN GUNUNGKIDUL DALAM RANGKA MEMBANGUN CITRA PARIWISATA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Era industri seperti saat ini, Public Relations (humas) memiliki peran
penting kemajuan – kemajuan yang ada diberbagai bidang, salah satunya industri
pariwisata. Gunungkidul memiliki banyak potensi dari segi pariwisata, untuk itu
pengelolaan pariwisata perlu dilakukan dengan optimal guna membangun
kenyamanan dan kemananan wisatawan. Dengan rasa aman dan nyaman maka
akan menimbulkan kepercayaan dari publik, dengan demikian akan tercipta citra
yang positif bagi kepariwisataan Gunungkidul. Konsep atau teori yang digunakan
dalam penelitian ini ialah teori persuasi. Salah satu tujuan utama seorang Public
Relations adalah meyakinkan publik – publik yang menjadi sasaran
organsisasinya untuk mengadopsi sikap, opini atau perilaku tertentu salah satunya
dengan tindakan persuasif (bujukan). Penelitian ini menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif. Data primer yang didapat melalui proses wawancara dengan
narasumber utama, yakni Public Relations Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan
Gunungkidul. Narasumber pendukung diantaranya Seksi Promosi dan Pemasaran,
Seksi Bina Usaha Wisata, wisatawan dan juga masyarakat umum. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations telah menjalankan tugas dan
peranya sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang ditetapkan oleh
pemerintah. Public Relations juga telah menjalankan beberapa strategi dan
aktivitas dalam upaya membangun citra pariwisata Gunungkidul. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan penulis dilapangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa
Public Relations telah menjalankan program dan tindakan – tindakan yang
tujuannya untuk mengajak (persuasi) wisatawan dan masyarakat untuk ikut
berperan dalam membangun citra dan mengembangkan pariwisata Gunungkidul.
Public Relations Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul
telah memanfaatkan media – media sebagai publisitas dalam mempromosikan dan
memasarkan program – program Public Relations dalam membangun Citra
Pariwisata Gunungkidul. Tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan penulis,
mengindikasikan strategi tersebut tidak berhasil dan tidak efektif. Masyarakat dan
wisatawan justru lebih banyak yang mengetahui informasi mengenai
kepariwisataan Gunungkidul melalui getok tular (Word of Mouth).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 06:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 06:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |