ANALISIS WACANA KRITIS PADA ACARA REALITY SHOW “MATA LELAKI” DI TRANS 7

NOOR WICAKSONO, IVAN (2014) ANALISIS WACANA KRITIS PADA ACARA REALITY SHOW “MATA LELAKI” DI TRANS 7. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya komodifikasi tubuh wanita dalam acara Reality Show ―Mata Lelaki‖ di TRANS 7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Wacana seksualitas dalam acara reality show ―Mata Lelaki‖ lkjdi TRANS 7, 2) Komodifikasi seksualitas perempuan dalam acara reality show ―Mata Lelaki‖ di TRANS 7. 3) Praktik hegemoni kapitalisme dalam acara reality show ―Mata Lelaki‖ di TRANS 7. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengamati rekaman tayangan reality show ―Mata Lelaki‖ pada edisi 4 September 2012 dengan tema ―Pesona Montir Seksi‖ dan ―Pesona di balik Seragam‖ yang mempunyai rating tertinggi di youtube. Analisis wacana kritis menggunakan teori dari Norman Fairclough yang membagi wacana ke dalam empat tingkatan analisis yaitu: teks, disource practicedan sosiocultural practice. Hasil penelitian memperlihatkan, pertama, wacana seksualitas pada acara reality show Mata Lelaki tampak dari analisis teks, discourse practice dan sociocultural practice. Analisis teks yang tampak pada kata-kata host acara, tulisan ataupun gambar pada layar memperlihatkan konstruksi wacana yang mencitrakan perempuan sebagai objek yang senang dieksploitasi dengan menampilkan sisi-sisi seksualitas perempuan. Kedua, komodifikasi seksualitas perempuan dalam acara reality show ―Mata Lelaki‖ di TRANS 7 dilakukan dengan menonjolkan unsur-unsur seksualitas perempuan seperti dada (payudara), area sekitar pangkal paha, di samping sensualitas ekspresi wajah dan kata-kata host acara. Ketiga, Praktik hegemoni kapitalisme dalam dalam acara reality show ―Mata Lelaki‖ di TRANS 7 diperlihatkan dengan ajakan dan dorongan untuk melakukan aktivitas seksual melalui gambar bergerak dan kata-kata yang disampaikan dalam Mata Lelaki. TRANS 7 menjadikan seksualitas perempuan sebagai suatu objek industrialiasi komoditas untuk mendapatkan keuntungan bagi Trans 7 sendiri. Kata kunci : Mata lelaki, Perempuan, Komodifikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:47
Last Modified: 25 Oct 2016 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item