MAKNA PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK DI KEMASAN PRODUK ROKOK “MEROKOK MEMBUNUHMU”

TARFANA, DONNY (2014) MAKNA PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK DI KEMASAN PRODUK ROKOK “MEROKOK MEMBUNUHMU”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pada intinya merupakan pertukaran tanda diantara pengirim dan penerima pesan. Pada kenyataannya, tanda dalam proses komunikasi tidak selamanya bisa dipahami secara benar dan sama di antara masyarakat. Setiap orang memiliki interpretasi makna tersendiri dan tentu saja dengan berbagai alasan yang melatar belakanginya. Perbedaan interprestasi dalam sebuah tanda memunculkan kajian yang disebut sebagai ilmu semiotika. Penelitian ini bertujuan mengetahui Makna Pesan Peringatan Bahaya Merokok Di Kemasan Produk Rokok “Merokok Membunuhmu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik teori Roland Barthes. Validitas data menggunakan tingkat kesensitifan suatu teknik terhadap makna-makna simbolik yang relevan dengan konteks tertentu yang disebut validitas semantik. Reabilitas akan mengggunakan expert-judgement. Unit analisa yaitu (1) Gambar (2) Tulisan (3) Warna (4) Tanda-tanda lain yang mendukung. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa (Analisa pada label larangan merokok baik pada teks warna, gambar dan letak yang menyatakan bahwa rokok dapat membunuh termasuk kedalam teks label. (1) analisa gambar menunjukkan pesan bahwa seseorang yang sehat dan maskulin namun merokok tidak akan terhindar dari resiko merokok. Penggambaran pria yang sedang merokok sangat eksplisit. Hal ini menimbulkan kontradiktif karena seharusnya secara etika iklan rokok tidak boleh menggambarkan perokok dengan gamblang dan jelas. (2) analisa warna menunjukkan bahwa kesuraman ini terlihat dari warna dasar hitam. Sedangkan tulisan putih menunjukkan ketegasan (3) analisa tulisan yang dapat dilihat dari unsur tulisan menyampaikan pesan merupakan kepastian bahwa resiko merokok adalah kematian (4) analisa berdasarkan letak label memberikan hasil kurangnya penekanan penyampaian pesan. Analisa pada berbagai kode menunjukkan hal sama yaitu; (1) Kode hermeneutika yang menunjukkan jawaban atas pertanyaan resiko bagi perokok adalah kematian (2) Kode semantic yang menunjukkan adanya kesuraman sekaligus menunjukkan ketegasan akan bahaya merokok di masa mendatang (3) Kode simbolik. Hal ini dapat terlihat dari adanya dua gambar yakni gambar tengkorak kepala dan gambar laki-laki hidup yang sedang merokok. Kedua gambar tersebut mengartikan bahwa manusia yang sudah terbiasa merokok dapat meninggal dunia oleh kebiasaan nya itu. (4) Kode narasi dimana dalam Label ini menceritakan betapa rokok sangat mengancam kesehatan seseorang, karena rokok dapat menimbulkan penyakit bahwa bisa membunuh (5) Kode kebudayaan yaitu terdapat unsure pengetahuan mengenai bahaya merokok, yang bukan hanya membuat kita sakit namun juga dapat membuat kematian. Kata Kunci, Semiotika, Label, Larangan Merokok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:59
Last Modified: 25 Oct 2016 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item