MAKNA PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK DI KEMASAN PRODUK ROKOK “MEROKOK MEMBUNUHMU”

TARFANA, DONNY (2014) MAKNA PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK DI KEMASAN PRODUK ROKOK “MEROKOK MEMBUNUHMU”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pada intinya merupakan pertukaran tanda diantara pengirim dan penerima
pesan. Pada kenyataannya, tanda dalam proses komunikasi tidak selamanya bisa dipahami secara
benar dan sama di antara masyarakat. Setiap orang memiliki interpretasi makna tersendiri dan
tentu saja dengan berbagai alasan yang melatar belakanginya. Perbedaan interprestasi dalam
sebuah tanda memunculkan kajian yang disebut sebagai ilmu semiotika. Penelitian ini bertujuan
mengetahui Makna Pesan Peringatan Bahaya Merokok Di Kemasan Produk Rokok “Merokok
Membunuhmu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan
analisis semiotik teori Roland Barthes. Validitas data menggunakan tingkat kesensitifan suatu
teknik terhadap makna-makna simbolik yang relevan dengan konteks tertentu yang disebut
validitas semantik. Reabilitas akan mengggunakan expert-judgement. Unit analisa yaitu (1)
Gambar (2) Tulisan (3) Warna (4) Tanda-tanda lain yang mendukung.
Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa (Analisa pada label larangan merokok baik pada
teks warna, gambar dan letak yang menyatakan bahwa rokok dapat membunuh termasuk
kedalam teks label. (1) analisa gambar menunjukkan pesan bahwa seseorang yang sehat dan
maskulin namun merokok tidak akan terhindar dari resiko merokok. Penggambaran pria yang
sedang merokok sangat eksplisit. Hal ini menimbulkan kontradiktif karena seharusnya secara
etika iklan rokok tidak boleh menggambarkan perokok dengan gamblang dan jelas. (2) analisa
warna menunjukkan bahwa kesuraman ini terlihat dari warna dasar hitam. Sedangkan tulisan
putih menunjukkan ketegasan (3) analisa tulisan yang dapat dilihat dari unsur tulisan
menyampaikan pesan merupakan kepastian bahwa resiko merokok adalah kematian (4) analisa
berdasarkan letak label memberikan hasil kurangnya penekanan penyampaian pesan.
Analisa pada berbagai kode menunjukkan hal sama yaitu; (1) Kode hermeneutika yang
menunjukkan jawaban atas pertanyaan resiko bagi perokok adalah kematian (2) Kode semantic
yang menunjukkan adanya kesuraman sekaligus menunjukkan ketegasan akan bahaya merokok
di masa mendatang (3) Kode simbolik. Hal ini dapat terlihat dari adanya dua gambar yakni
gambar tengkorak kepala dan gambar laki-laki hidup yang sedang merokok. Kedua gambar
tersebut mengartikan bahwa manusia yang sudah terbiasa merokok dapat meninggal dunia oleh
kebiasaan nya itu. (4) Kode narasi dimana dalam Label ini menceritakan betapa rokok sangat
mengancam kesehatan seseorang, karena rokok dapat menimbulkan penyakit bahwa bisa
membunuh (5) Kode kebudayaan yaitu terdapat unsure pengetahuan mengenai bahaya merokok,
yang bukan hanya membuat kita sakit namun juga dapat membuat kematian.

Kata Kunci, Semiotika, Label, Larangan Merokok

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:59
Last Modified: 25 Oct 2016 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item