ROSYID, ANWAR (2013) Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Kabupaten Gunungkidul). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview  | 
            
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview  | 
          
Abstract
Perkembangan  usaha  diwarnai  berbagai  macam  persaingan 
disegala  bidang 
termasuk  pemasaran  produk,  tak  terkecuali  bisnis  otomotif  khususnya  sepeda 
motor  yang  berkembang  pesat  di  Indonesia.  PT.  Astra  Honda  Motor  salah  sa
tu 
pelopor  industri  sepeda  motor  di  Indonesia  berdiri  11  Juni  1971.
Meningkatnya 
persaingan   menuntut   Honda   untuk   selalu   memperhatikan   kebutuhan   dan 
keinginan konsumen, berusaha memenuhi apa yang diharapkan dengan cara lebih 
memuaskan   daripada   yang   dilakuka
n   pesaing,   membua
t  citra   yang   baik   di 
masyarakat,  karena  citra  adalah  variabel  yang  secara  positif  maupun  negatif 
mempengaruihi    aktivi
tas    pemasaran.    Penelitian    ini    akan    dilakukan    di 
Gunungkidul,  alasannya  karena  rata
-
rata  masyrakatnya  menggunakan  sepeda 
mo
tor  sebagai  alat  transportasi  utama.
Luas  wilayah,  tingkat  sosial  ekonomi  dan 
pola  kehidupan  membuat  tingginya  pengguna  sepeda  motor  di  wilayah  tersebut 
sangat   berpengaruh   terhadap   maraknya   berbagai   jenis   sepeda   motor   yang 
ditawarkan  oleh  produsen.  Kombina
si  antara  beragam  jenis  sepeda  motor  yang 
berbeda  dan  jumlah  konsumen  yang  besar  menimbulkan  persepsi  yang  beragam 
tentang  kepuasan  terhadap  sepeda  motor yang  digunakan.
Secara  langsung/  tidak 
langsung  hal  ini  berakibat  pada  perilaku konsumen  dalam  menentu
kan  sikap  dan 
keputusan dalam pembelian sepeda motor di masa datang.
Pertumbuhan penjualan 
sepeda motor di Gunungkidul menembus angka 12 ribu unit pertahun atau sekitar 
seribu   unit   perbulan.   Kondisi
-
kondisi   tersebut   merupakan   tantangan   bagi 
manajemen  perus
ahaan  produsen  sepeda  motor  Honda  untuk  dapat  memberikan 
mutu  produk  dan  pelayanan  terbaik.  Yang  dapat  menciptakan  kepuasan  pada 
konsumennya sehingga diharapkan dapat menciptakan konsumen yang loyal yang 
akan berimplikasi terhadap profit perusahaan.
Peneli
tian  ini  dilakukan  untuk  menganalisis  pengaruh  citra  merek  terhadap 
loyalitas   merek   dengan   kepuasan   k
onsumen   sebagai   variabel   interve
ning. 
Bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan pengaruh secara tidak 
langsung terhadap variabel loyalitas me
rek pada pengguna sepeda motor Honda di 
kabupaten  Gunungkidul,  serta  untuk  mengetahui  pengaruh  antar  variabel.  Data 
yang   dikumpulkan   menggunakan   teknik   kuesioner,   sampel   yang   digunakan 
sebanyak 120 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode 
non probabi
lity 
sampling
dengan  teknik 
purposive  sampling. 
Alat  analisis  dalam  penelitian  ini 
adalah 
path   analysis
dengan   analisis   regresi   2   tahap
dengan  menggunakan 
program   SPSS.   Hasil   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa   citra   merek   tidak 
berpengaruh   signifikan   terhada
p   loyalitas   merek,   citra   merek   berpengaruh 
signifikan   terhadap   kepuasan   konsumen,   kepuasan   konsumen   berpengaruh 
signifikan  terhadap  loyalitas  merek,  citra  merek  berpengaruh  signifikan  terhadap 
loyalitas merek yang dimediasi kepuasan konsumen.
Kata kunci :
citra merek, lo
yalitas merek, kepuasan konsumen.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management | 
| Depositing User: | Muji Isambina | 
| Date Deposited: | 18 Oct 2016 04:42 | 
| Last Modified: | 18 Oct 2016 04:42 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7775 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
