Putra, Ian Mahendra (2015) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DI SEKOLAH LUAR BIASA (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar Golongan C di SLB Negeri 2 Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi interpersonal memiliki peranan penting dalam proses belajar
mengajar, sebuah komunikasi dapat menjadi media bagi terjadinya interaksi guru
dengan murid. Komunikasi yang dilakukan dengan murid tunagrahita berbeda.
Hal ini dikarenakan murid tunagrahita memiliki. kecerdasan di bawah rata-rata,
sehingga mereka mengalami hambatan dalam perkembangannya. Komunikasi
interpersonal juga merupakan salah satu komunikasi yang paling efektif untuk
memberikan pengajaran maupun pemahaman bagi murid tingkat sekolah dasar di
SLB Negeri 2 Yogyakarta Golongan C. Tujuan penelitian ini adalah untuk
megetahui, pola komunikasi interpersonal guru dan murid di sekolah luar biasa
(SLB) Negeri 2 Yogyakarta tingkat sekolah dasar golongan C. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis, yang artinya memaparkan
hasil penelitian secara nyata apa adanya. Penelitian dengan metode analisis
deskriptif dengan jenis data kualitatif ini menggunakan dua sumber data, yaitu
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, bahwa terjadi pola komunikasi interpersonal secara timbal balik atau
dua arah antara guru dan murid tingkat sekolah dasar golongan C di SLB Negeri 2
Yogyakarta. Komunikasi interpersonal di SLB Negeri 2 Yogyakarta masih
menjadi salah satu komunikasi paling efektif dalam memberikan pemahaman dan
pengajaran kepada murid, komunikasi secara timbal balik atau dua arah ini terjadi
baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas pada saat jam sekolah berlangsung.
Hal tersebut, tidak lepas dari komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru
dengan baik.
Kata Kunci : Pola Komunikasi Interpersonal di SLB Negeri 2 Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |