KOMUNITAS TEATER KOIN DALAM MENGGUNAKAN WHATSAPP MESSENGER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Sari, Mutiara (2015) KOMUNITAS TEATER KOIN DALAM MENGGUNAKAN WHATSAPP MESSENGER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dalam pemanfaatan Grup WhatsApp messenger oleh komunitas teater Koin sebagai media komunikasi beraktualisasi. Dengan berlandaskan tiga teori, yaitu teori “Understanding Media” yang menjelaskan fungsi media sebagai perpanjangan dari manusia. Teori kebutuhan khalayak dan media yang menggunakan konsep uses and gratification menjelaskan tentang kebutuhan individu akan media sebagai pemenuh kebutuhan dan teori hierarki kebutuhan Maslow dimana setiap individu memiliki tingkat kebutuhan untuk mencapai aktualisasi diri yaitu, kebuthan fisiologis, kebutuan rasa aman, kebutuhaan rasa memiliki, esteem, dan terakhir aktualisasi diri. Menggunakan metode kualitatif, mengambil data berdasarkan wawancara, observasi dan studi pustaka. Dengan hasil penelitian bahwa, grup WhatsApp menghubungkan aggota komunitas dimana saja dan kapan saja dengan lebih efektif dan efisien untuk berinteraksi. Sebagai media untuk berbagi Informasi, berkoordinasi, berdiskusi, berniaga dan hiburan. Disini setiap anggota komunitas mengaktualisasikan diri sebagai individu yang memiliki keunikan tersendiri dengan potensi yang berbeda-beda. Grup WhatsApp disini lebih memenuhi kebutuhan akan belonging, esteem, dan aktualisasi diri. Key Word: Grup WhatsApp Messenger, Komunikasi Bermediasi, Teater Koin ABSTRACT This study aims to determine satisfaction in the utilization of the Group WhatsApp messenger by community theater Koin as a medium of communication actualize. On the basis of three theories, namely the theory of "Understanding Media" which describes the function of the media as an extension of the human being. Theory needs of audiences and media using the concept of uses and gratification describes the individual needs of media as provider and the theory of Maslow's hierarchy of needs which each individual has a need to achieve a level of self-actualization, physiological, needs as security, sense of belonging, esteem, and final self-actualization. Using qualitative methods, retrieve data based on interviews, observations and literature. With the results that, WhatsApp group linking communities member anywhere and anytime with more effective and efficient to interact. As a medium to share information, coordinate, discuss, trade and entertainment. Here every member of the community express themselves as individuals who have unique with different potentials. WhatsApp group here will better meet the needs of belonging, esteem, and self-actualization. Key Word: Group WhatsApp Messenger, mediated Communication, Theatre Koin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:47
Last Modified: 13 Oct 2016 04:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item