WAHYUHARJANTA, ALFAN ASA (2016) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN SISWA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 PURWODADI GROBOGAN (Studi Deskriptif Kualitatif Di SMP Negeri 2 Purwodadi). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi antara guru bimbingan konseling dengan siswa dalam mata pelajaran pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Purwodadi, dan dengan rumusan masalah adalah bagaimanakah pola komunikasi guru bimbingan konseling dengan siswa dalam pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Purwodadi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif menggambarkan data, lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Purwodadi, beralamat di Jl. P. Diponegoro No. 26 Purwodadi Grobogan. Metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data model interaktif, sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui tiga jalur, yaitu terintegrasi ke dalam proses pembelajaran, melalui pembiasaan yang disesuaikan dengan budaya sekolah, melaui jalur pengembangan diri yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling. Komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling dalam pendidikan karakter memiliki peran penting dan ketrampilan berkomunikasi menentukan derajad kualitas layanan, tatap muka dengan wawancara merupakan teknik yang dominan dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membantu menyelesaikan masalah siswa, format layanan yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling ada tiga yaitu, format klasikal, format kelompok, dan format individual. Kata kunci : pola komunikasi interpersonal, pendidikan karakter The purpose of this study was to determine the pattern of communication between the guiding and counseling teacher and students in the subjects of character education. With the formulation of the problem now was the communication patterns between the guiding and counseling teacher in the subjects of character education in SMP Negeri 2 Purwodadi.The type of research is a field research, while the approach used was qualitative descriptive approach of illustrate/describing the data, the location of this research is SMP Negeri 2 Purwodadi atP. Diponegoro steet No.26 Purwodadi Grobogan.Qualitative research methodsusing data collection techniques are observation, interviews, decumentation, data analysis and models interactively where as the validity of the data is was used triangulasi. The result of the research are, the implementation of the character education is done through three ways/lanes, they are; inteqrated in the learning process, through habituation adapted to the culture of the school, through self development undertaken by guiding and counseling teacher. 2) interpersonal communication guidance teachers in character education has an important role and communication skills determine the degree of the quality of service, f ace to face interviews is the dominant technique performed by guiding and counseling teacher in helping students solve the problems, the formats of the services perfourmed by guiding and counseling teacher, they are; classical format, the group format and, individual format. Key words :interpersonal communications pattern, character education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 06:57 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 06:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7537 |
Actions (login required)
View Item |