WULANDARI, SUCI (2015) STRATEGI BRANDING MEDIA BERITA ONLINE KORANOPINI.COM DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI MEDIA RUJUKAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK inggris doc.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Strategi branding dapat diartikan sebagai menejemen sebuah merek, didalamnya terdapat kegiatan – kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan brand tersebut. Kegiatan branding dilakukan oleh seluruh perusahaan atau institusi yang memahami kepentingan sebuah branding bagi perusahaan, salah satunya adalah media berita online Koranopini.com dengan strategi branding guna membangun citra medianya menjadi media rujukan. Dalam proses brandingnya Koranopini.com membagi menjadi tiga aras branding yaitu melalui aras konten, aras simbolik dan aras kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses branding dengan publisitas eksternal yang dilakukan oleh Koranopini.com dan untuk mengetahui strategi branding Koranopini.com dalam membangun citra sebagai media rujukan. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan konsep branding menurut Schultz dan Barnes yang mengartikan branding sebagai suatu menejemen merek dimana terdapat berbagai kegiatan yang mengatur semua elemen – elemen yang bertujuan untuk membentuk suatu brand. Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk menguji validitas penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan Koranopini.com melaksanakan proses branding melalui publisitas eksternal dengan menggunakan strategi khusus diantaranya menggunakan konten berita, simbolik, dan kerjasama dengan pihak luar. Sedangkan strategi Koranopini.com dalam membangun citra sebagai media rujukan adalah dengan menetapkan perencanaan konsep redaksi, dinamika layout, penyebaran logo dan tagline serta bekerjasama dengan pihak luar. Kata kunci :Strategi branding, Merek, Media berita Online, Citra, Rujukan. ABSTRACT ABSTRAK Branding strategy can be interpreted as a brand management where there are some communication activity undertaken to achieve brand objectives. Branding activity undertaken by the corporates or institutions whom understand the importance of branding for the corporate, one of them is online news media, Koranopini.com with the branding strategy in order to build image of the media become a reference media. In the branding process, Koranopini.com split into three levels of branding trough the content level, symbolic level, and cooperation level. This research aims to determine the branding process with external publicity carried out by Koranopini.com to build image as a reference media. The research method chosen in this research is qualitative descriptive research, using branding concept by Schultz and Barnes that difines branding as a brand management where there are variety of activities that regulate all the elements in order to establish a brand. Researcher used triangulation techniques to test the validity of the research. The result showed that Koranopini.com implemented branding process through external publicity by using specific strategies such as using news content, symbolic, and cooperation with external parties. While the strategies of Koranopini.com to build the image as a reference media is to establish the concept of editorial planning, dynamics layouts, logo and tagline deployment, and working with external parties. Keywords: Branding Strategy, Brand, Online news media, Image, Reference
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 02:19 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 02:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7362 |
Actions (login required)
View Item |