PERAN DIPLOMASI MEDIA MASSA INDONESIA TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DALAM KRISIS THAILAND 2013-2014

SARI, VENANTIA MELINDA (2014) PERAN DIPLOMASI MEDIA MASSA INDONESIA TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DALAM KRISIS THAILAND 2013-2014. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diplomasi yang tumbuh di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini harus berkompromi dengan perubahan informasi di masyarakat yang semakin intensif. Salah satu pemegang kunci informasi adalah media massa. Dengan memegang informasi, media massa menjadi salah satu aktor diplomasi dalam multi-track diplomacy dimana media menjadi penghubung antara aktor-aktor yang lain. Kekuatan utama jalur kesembilan ini adalah penguasaan informasi dan kemampuannya menyebarluaskan informasi. Pada titik inilah media memiliki andil dalam pembentukan opini publik. Selama Krisis Politik yang melanda Thailand pada penghujung tahun 2013 hingga pertengahan 2014, media massa di Indonesia ikut memberitakan dengan terus mengekspose peristiwa yang terjadi di Thailand. Meningkatnya frekuensi pemberitaan hingga menjadi headline berita di surat kabar nasional menjadikan konflik tersebut lekas sampai pada masyarakat Indonesia. Gencarnya pemberitaan terkait demonstrasi hingga kudeta militer membawa dampak negatif bagi citra Thailand sebagai Negara tujuan pariwisata. Kata Kunci: Multi-Track Diplomacy, Media Massa, Opini Publik, Krisis Thailand

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 03 Oct 2016 06:44
Last Modified: 03 Oct 2016 06:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7134

Actions (login required)

View Item View Item