ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

P MANIK, RUDIANTO (2016) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover depan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan pdf.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis marjin pemasaran bawang merah (2) mengetahui perbedaan nilai bagian harga petani bawang merah (3) mengetahui perbedaan efisiensi pemasaran bawang merah pada saluran pemasaran yang dilakukan petani bawang merah di Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sampel petani ditentukan berdasarkan metode purposive. Penentuan sampel pedagang perantara menggunakan teknik snowball sampling. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis dilakukan dengan analisis efisiensi pemasaran, marjin pemasaran dan farmer’s share. Pengujian hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan Independent Sample T test. Terdapat dua saluran pemasaran bawang merah di daerah penelitian. Saluran pemasaran pertama nilai farmer’s share sebesar 87,91% dengan tingkat efisiensi sebesar 4,36%. Saluran pemasaran kedua nilai farmer’s share sebesar 86,63% dengan tingkat efisiensi sebesar 5,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) marjin pemasaran yang diperoleh saluran pemasaran bawang merah I (jalur pendek) adalah sebesar Rp 3.625,00/kg dan saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang) adalah sebesar Rp 4.058,33/kg (2) farmer’s share saluran pemasaran bawang merah I (jalur pendek) lebih besar dari saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang) (3) saluran pemasaran bawang merah I (jalur pendek) lebih efisien dari saluran pemasaran bawang merah saluran pemasaran bawang merah II (jalur panjang). Kata kunci : Efisiensi pemasaran, farmer’s share, marjin pemasaran, saluran pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:48
Last Modified: 03 Oct 2016 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7097

Actions (login required)

View Item View Item