CHRISTIANTO, IGNATIUS HENDY (2016) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION RUMAH WARNA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACt.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Selama lebih dari 13 tahun, Rumah Warna Corporation menjadi salah satu perusahaan penyedia produk fashion terbesar di Indonesia. Seiring banyaknya persaingan bisnis fashion yang sejenis dan berkembangnya teknologi, membuat Rumah Warna berusaha untuk mempertahankan citra perusahaannya. Para customer mengeluhkan sistem pelayanan dalam transaksi jual beli online yang dilakukan oleh Rumah Warna. Dengan adanya keluhan tersebut, customer akhirnya mempertanyakan profesionalitas perusahaan yang dijalankan Rumah Warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi corporate communication yang dijalankan oleh Operational Manager Rumah Warna dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi, yaitu menggabungkan data dari hasil wawancara dengan narasumber, melakukan obeservasi di lapangan, dan melalui studi pustaka dan dokumen lainnya. Hasil penelitian ini adalah strategi pelayanan perusahaan yang digunakan oleh Rumah Warna berupa model service triangle. Model ini terdiri dari strategi pelayanan berupa garansi seumur hidup, produk – produk baru yang up – to – date, dan kunjungan sebagai wisata produksi. Sumber daya manusia yaitu hubungan antar karyawan Rumah Warna yang erat dengan adanya budaya komunikasi yang unik dan identik. Sistem pelayanan Rumah Warna juga terus ditingkatkan, baik kepada customer maupun internal perusahaan, dan terus mengembangkan fasilitas perusahaan yang mumpuni untuk meningkatkan efektivitas kerja setiap karyawan. Gaya kepemimpinan direktif dan partisipatif yang dimiliki oleh Owner Rumah Warna mempengaruhi kualitas pelayanan setiap karyawan. Gaya kepemimpinan suportif yang ditunjukkan oleh Operational Manager Rumah Warna sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang dimiliki setiap karyawan dalam kegiatan operasional perusahaan. Kata Kunci : Corporate Communication, Model Service Triangle, Kualitas Pelayanan Perusahaan. For more than 13 years, Rumah Warna Corporation becomes one of company that providing the largest Indonesia's fashion products. As many business competition in fashion and the technology, this was made Rumah Warna trying to maintain the image of their company. The customer complained about service system in online transaction by Rumah Warna. With this complaints, customer finally questioned the company's professionalism by Rumah Warna. This research has purpose to understand corporate communication strategy that run by Operational Manager of Rumah Warna. The kind of this research used in writing thesis by uses a qualitative methodology. The teqnique in this data was collect with the triangulation methods, which combines data from the interviews with the speakers, do the observation in the field, and through the literature study and other documents. The result of this research is services company strategy used by Rumah Warna in the form of a service triangle model. This model consisting of service strategies in the form of a lifetime warranty, an up - to - date products, and the visit as the production of tourism. Human resoursces, which is the relationship between the employees of Rumah Warna with the unique communication culture and identical. Rumah Warna's service system also be increased, and continue to develop the company's facilities that importance to increase the work effectiveness of every employees. The directive and participate leadership's style that owned by the owner of Rumah Warna affect the quality of service with every employees. The supportive style of leadership shown by Operational Manager Rumah Warna is very influental in impproving service quality possessed of every employees in company's operational activities. Keyword : Corporate Communication, Service Triangle Model, The Company's Quality of Service
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7095 |
Actions (login required)
View Item |