IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI BIROKRASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI ( Studi Deskriptif di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta Bagian Jabatan Fungsional )

Nurahman, Gemilang (2015) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI BIROKRASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI ( Studi Deskriptif di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta Bagian Jabatan Fungsional ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Iklim komunikasi organisasi merupakan sebuah keadaan atau suasana yang tercipta di dalam aktifitas komunikasi suatu organisasi. Organisasi birokrasi merupakan sistem kontrol dalam sebuah organisasi yang dirancang berdasarkan aturan-aturan rasional dan sistematis yang bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka menyelesaikan tugas administrasi. Iklim komunikasi organisasi birokrasi yang positif akan mampu memberikan motivasi yang besar bagi seluruh pegawai. Skripsi ini mengenai bagaimana iklim komunikasi organisasi birokarasi dalam menumbuhkan motivasi kerja pegawai bagian jabatan fungsional di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi birokrasi dalam menumbuhkan motivasi di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta di bagian Jabatan Fungsional Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, artinya dalam penelitian kualitatif studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya di lapangan studinya. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di bagian jabatan fungsional Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta tercipta iklim komunikasi organisasi birokrasi yang positif. Berdasarkan hasil wawancara, bahwa telah terciptanya keterbukaan, kepercayaan, partisipasi dalam pengambilan keputusan dan kebijakan, otoritas pimpinan yang sesuai dengan aturan yang ada, dan koordinasi kerja yang baik. Hubungan antara pimpinan dan pegawai serta sesama tercipta dengan baik. Pegawai jabatan fungional menunjukan komitmennya untuk memberikan kinerja yang maksimal dengan dasar motivasi atas penghargaan jenjang jabatan. Dengan iklim komunikasi organisasi birokrasi yang positif, maka akan dapat menumbuhkan motivasi kerja karyawan. Pimpinan dan pegawai secara bersama-sama bertanggung jawab menciptakan iklim komunikasi yang positif di lingkungan kerja. Kata kunci : Iklim komunikasi organisasi birokrasi, pimpinan, pegawai, motivasi. Organizational communication climate is a condition or the atmosphere which created in the communications activities of an organization. Bureaucratic organization is the control system in an organization that was designed based on the rules of rational and systematic aimed at coordinating and directing the activities of individual work in order to complete administrative tasks. Positively communication climate bureaucratic organizations is willing to give huge motivation for all workers. This thesis is about the communication bureaucratic climate organization on growing up the motivation in the functional position workers in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta. The intend of this research is to know about the bureaucratic organizational communication climate to growing up the motivation in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta in functional position workers. in the Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta of motivation in training people of in the Functional This research is a kind of qualitative research, descriptive, which means that in qualitative research case study is described in detail and depth that portrays the condition of what actually happened in accordance with what the data field. Research data collection techniques using observation, interviews and triangulation. The results of the research showed the positive bureaucratic organizational communication climate in functional position of Balai Latihan Masyarakat Yogyakarta. Based on interviewed, that has been the created of openness, trust, participation in decision-making and policy, leadership authority in accordance with existing rules, and coordination of work is good. The relationship between leader and workers as well as others worker created properly. Fungtional workers positions showing the commitment to gives optimal work with the basic motivation for the award hierarchy. With positive communication bureaucratic organization climate, then can increase motivation of workers activities. Leader and workers are jointly responsible for creating a positive climate communication in the workplace. Keyword : communication bureaucratic organization climate, leader, workers, motivation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 29 Sep 2016 06:26
Last Modified: 29 Sep 2016 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item