PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE XIAOMI (Studi Pada Mahasiswa di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta)

Hakim, Muh Arif Rahman (2016) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE XIAOMI (Studi Pada Mahasiswa di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ekuitas merek
yang meliputi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas
merek terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone Xiaomi secara
parsial maupun bersama-sama. Mahasiswa yang dijadikan sampel sebanyak 120
orang yang berada di Kecamatan Depok, umur 17-24 tahun, dan sudah
menggunakan smartphone Xiaomi lebih dari 1 bulan. Alat analisis dalam penelitian
ini menggunakan regresi berganda melalui bantuan program SPSS 16 for windows.
Penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang meliputi uji F, uji R square, dan uji
t. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama kesadaran merek, asosiasi
merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh terhadap keputusan
pembelian (F hitung=3.473, sig=0.010). Hasil dari uji t menunjukkan variabel
kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
(t hitung=1.229 sig=0.020), variabel asosiasi merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung=2.582 sig=0.006), variabel
persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
(t hitung=2.875 sig=0.015), variabel loyalitas merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung=2.735 sig=0.000). Hasil uji
koefisien determinasi menunjukkan nilai R
2
adj sebesar 0.377 atau 37.7% yang
berarti naik turunnya keputusan pembelian smartphone Xiaomi ditentukan oleh
kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek sebesar 37.7%,
sedangkan sisanya 62.3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam
penelitian ini.

Kata kunci : Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi
Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Sep 2016 06:55
Last Modified: 29 Sep 2016 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item