EFEKTIFITAS IKLAN PRODUK KOSMETIK MEREK WARDAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2015)

Costantia, Revina (2016) EFEKTIFITAS IKLAN PRODUK KOSMETIK MEREK WARDAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2015). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 0002.jpg]
Preview
Image
0002.jpg

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 5 ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
5 ABSTRAKSI.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Revina Costantia, nomor mahasiswa 152120043, Program Studi Administrasi
Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Efektifitas Iklan Produk Kosmetik Merek
Wardah Melalui Media Sosial Facebook (Studi Pada Mahasiswi Program Studi
Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta)”. Dosen Pembimbing Humam
Santoso Utomo, M.AB dan Suratna, M.AB.
Dalam pemasaran kegiatan promosi berupa iklan adalah salah satu kegiatan yang
dapat mencapai keberhasilan sebuah produk yang akan di iklankan, salah satu iklan
yang dilakukan melalui media sosial Facebook. Media sosial Facebook adalah
pengguna terbanyak di Indonesia, dengan itu iklan yang ingin disampaikan harus
dengan jelas sehingga konsumen dapat menerima isi pesan yang disampaikan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa efektifkah iklan produk kosmetik
merek Wardah melalui media sosial Facebook jika dianalisa dengan mengunakan
metode EPIC Model.
Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswi program studi Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakata dengan
ukuran sampel 62 responden. Alat analisa ini menggunakan EPIC Model dengan
menggunakan dua tahapan yaitu tabulasi sederhana dan skor rata-rata.
Berdasarkan hasil analisis EPIC Model didapatkan hasil perhitungan setiap
dimensi yaitu pada dimensi empathy didapatkan hasil 3,56 dengan kategori efektif,
dimensi persuasion didapatkan hasil 3,55 dengan kategori efektif, dimensi impact
didapatkan hasil 3,40 dengan kategori efektif, dan dimensi communication didapatkan
hasil 3,60 dengan kategori efektif. Berdasarkan dari EPIC Rate dapat disimpulkan
bahwa perhitungan secara keseluruhan dari rata-rata keempat dimensi adalah 3,55 nilai
ini berada pada rentang skala yang termasuk dalam rentang efektif. Iklan produk
kosmetik merek Wardah pada dimensi impact memiliki skor terendah dari keempat
dimensi lainnya yaitu 3,40, sehingga iklan produk kosmetik merek Wardah melalui
media sosial Facebook dapat memaksimalkan dengan lebih menonjolkan iklannya dari
iklan produk sejenis, lebih mampu menarik perhatian konsumen dalam pesan yang
disampaikan tentang pengetahuan produk kosmetik merek Wardah, dan lebih mampu
mengacu pada persepsi konsumen tentang pentingnya kualitas dan adanya pengaruh
pada produk kosmetik merek Wardah.
Kata Kunci: Iklan, Media Sosial, Facebook, EPIC Model.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:52
Last Modified: 28 Sep 2016 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6900

Actions (login required)

View Item View Item