GAME PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SEKOLAH DASAR

Fakhruddin, Abdul Malik (2015) GAME PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SEKOLAH DASAR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beberapa mata pelajaran di kelas, seringkali membuat siswa/ siswi sekolah dasar menjadi jenuh, termasuk pelajaran bahasa inggris. Kejenuhan ini muncul dari pelajaran yang hanya terpaku pada buku yang hanya untuk di baca sekilas, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau melihat beberapa gambar yang unik menurut para siswa/siswi. Selain itu, anak-anak seusia Sekolah Dasar masih sulit untuk diajak belajar, karena naluri mereka adalah bermain. Untuk itulah dibutuhkan sebuah Aplikasi pembelajaran yang dapat mereka rasakan seperti permainan yang sering mereka mainkan sesuai kurikulum saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan multimedia. Beberapa tahap yang harus dilaksanakan untuk membangun perancangan media yaitu pokok bahasan, mendesain media, menguji media dan pelaksanaan pembelajaran. Metodologi pengembangan multimedia terdiri dari 6 tahapan, pertama adalah Concept yang menentukan tujuan, identifikasi user, menentukan macam aplikasi dan tujuan aplikasi. Yang kedua tahap Design yang membuat spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan dan kebutuhan bahan untuk program. Tahap ketiga adalah Material Collecting, yaitu pengumpulan bahan sesuai kebutuhan yang dikerjakan secara paralel dengan tahap Assembly. Tahap keempat adalah Assembly di mana semua bahan multimedia dibuat. Tahap ini didasarkan pada tahap Design. Yang kelima adalah tahap Testing yang dilakukan dengan menjalankan aplikasi dan dilihat apakah masih ada kekurangan atau tidak. Tahap terakhir adalah Distributuion di mana aplikasi disimpan dalam suatu media penyimpanan yang di kompres. Untuk membangun keseluruhan game ini terdapat beberapa point utama yaitu: Menentukan konsep, Perancangan, Pengumpulan bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Tahap distribusi. Hasil akhir game ini dinyatakan selesai, karena telah berhasil melalui tahap tahap pengujian dalam seminar. Dengan adanya game pembelajaran bahasa inggris ini, maka diharapkan minat belajar siswa SD, terutama kelas 4 menjadi meningkat dan menyenangkan dalam belajar mengajar pelajaran bahasa inggris. Game bertema pembelajaran bahasa inggris ini bermanfaat untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris dan meningkatkan minat belajar bahasa inggris yang menarik, dan nyaman untuk dimainkan oleh anak–anak sekolah SD, terutama kelas 4. Kata Kunci : Multimedia, Game, Bahasa inggris, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 21 Sep 2016 07:53
Last Modified: 21 Sep 2016 07:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item