POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN, & RATU BOKO (UNIT BOROBUDUR )

Latif Wijanarko, Arfi (2016) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN, & RATU BOKO (UNIT BOROBUDUR ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI n abstrak indo1.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Komunikasi organisasi merupakan kunci penting dalam sebuah organisasi. Tercapainya tujuan dari sebuah organisasi akan bergantung pada komunikasi yang dilakukan oleh anggotanya. Apabila komunikasi yang dilakukan oleh anggota efektif, maka tujuan organisasi akan tercapai sesuai harapan. Kantor PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur) merupakan salah satu bentuk organisasi yang didalamnya memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh anggota organisasi terhadap efektifitas organisasi di Kantor PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur) juga untuk mengetahui hambatan-hambatan atau kendala yang dialami dalam melakukan proses komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Seksi Umum dan SDM dan beberapa staf pelaksana Kantor PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pola komunikasi yang digunakan di dalam Kantor PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (unit Borobudur) dapat dibagi menjadi dua dimensi yaitu komunikasi vertical dan horizontal. Komunikasi yang dilakukan oleh seluruh individu di PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur) sudah berjalan dengan sangat baik dan optimal. Kendala yang terjadi dalam proses berlangsunnya komunikasi organisasi adalah adanya ketidaknyamanan yang dialami oleh pegawai ketika komunikasi dilakukan melalu media komunikasi, hambatan lainnya adalah kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki bawahan ketika tuntutan kerjanya banyak. Kata Kunci: pola, komunikasi, efektifitas, organisasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2016 06:25
Last Modified: 19 Sep 2016 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item View Item