Latif Wijanarko, Arfi (2016) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN, & RATU BOKO (UNIT BOROBUDUR ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER1.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI n abstrak indo1.pdf Download (23kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (626kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi organisasi merupakan kunci penting dalam sebuah organisasi.
Tercapainya tujuan dari sebuah organisasi akan bergantung pada komunikasi yang
dilakukan oleh anggotanya. Apabila komunikasi yang dilakukan oleh anggota
efektif, maka tujuan organisasi akan tercapai sesuai harapan. Kantor PT. Taman
Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur) merupakan
salah satu bentuk organisasi yang didalamnya memiliki tujuan tertentu. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh
anggota organisasi terhadap efektifitas organisasi di Kantor PT. Taman Wisata
Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur) juga untuk
mengetahui hambatan-hambatan atau kendala yang dialami dalam melakukan
proses komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Seksi Umum dan
SDM dan beberapa staf pelaksana Kantor PT. Taman Wisata Candi Borobudur,
Prambanan, & Ratu Boko (Unit Borobudur). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan adalah metode analisis triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa
pola komunikasi yang digunakan di dalam Kantor PT. Taman Wisata Candi
Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (unit Borobudur) dapat dibagi menjadi dua
dimensi yaitu komunikasi vertical dan horizontal. Komunikasi yang dilakukan
oleh seluruh individu di PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu
Boko (Unit Borobudur) sudah berjalan dengan sangat baik dan optimal. Kendala
yang terjadi dalam proses berlangsunnya komunikasi organisasi adalah adanya
ketidaknyamanan yang dialami oleh pegawai ketika komunikasi dilakukan melalu
media komunikasi, hambatan lainnya adalah kurangnya rasa percaya diri yang
dimiliki bawahan ketika tuntutan kerjanya banyak.
Kata Kunci: pola, komunikasi, efektifitas, organisasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 06:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 06:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |