EVALUASI JADWAL PENYELESAIAN PROYEK DENGAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) UNTUK MEMINIMASI WAKTU PENYELESAIAN PROYEK (Studi Kasus Pada Pembangunan Pangkal/Pilar Kereta Api Lintas Sragen - Kebonromo, oleh PT Duta Pratama Indah)

Rachmadtullah, Hermawan (2016) EVALUASI JADWAL PENYELESAIAN PROYEK DENGAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) UNTUK MEMINIMASI WAKTU PENYELESAIAN PROYEK (Studi Kasus Pada Pembangunan Pangkal/Pilar Kereta Api Lintas Sragen - Kebonromo, oleh PT Duta Pratama Indah). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

PT Duta Pratama Indah ini telah melaksanakan pengerjaan pembangunan pangkal kereta api BH 209 Km antara Sragen – Kebonromo yang berdurasi selama 175 hari atau 25 minggu. Akibat terjadinya keterlambatan tersebut maka waktu penyelesaian proyek menjadi mundur atau tidak sesuai dengan jadwal perencanaan yang awalnya proyek selesai pada tanggal 31 Desember 2015 mundur menjadi tanggal 29 Januari 2016. Keterlambatan proyek akan berdampak kepada perusahaan yang dapat dikenakan sangsi dari kementrian perhubungan yatu sangsi black list dipemberian tender selama 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jadwal pelaksanaan proyek saat ini dan menjadwalkan waktu pelaksanaan proyek yang lebih optimal dengan biaya minimal. Serta meminimasi pengaruh penyebab keterlambatan proyek terhadap waktu penyelesaian proyek. Pengolahan data penjadwalan proyek dilakukan dengan menggunakan Precedence Diagram Method (PDM) dan Pengolahan jaringan kerja PDM menggunakan bantuan software Ms Project 2007. Berdasarkan pengolahan data, hasil dari perhitungan kedua titik proyek dipercepat dengan melakukan perbandingan biaya proyek dan waktu proyek, dipilih percepatan waktu proyek yang optimal menjadi 164 hari dengan biaya sebesar Rp 2.227.610.595 dengan penambahan jumlah tenaga kerja. Kata Kunci: Proyek Pangkal Kereta Api, Minimasi Keterlambatan Proyek , Ms Project, Precedence Diagram Methode.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:56
Last Modified: 19 Sep 2016 03:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item