Budiman, Nita Andriyani and Zuliyati, Zuliyati (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA UMKM KAIN TENUN IKAT TROSO JEPARA. Buletin Ekonomi, 13 (1). pp. 77-86.
Preview |
Text
April 15 6 be upnvy.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
This study aims to determine the factors that
influence the use of accounting information on SMEs ikat troso in Jepara
regency. Variables used are the latest education manager or owner, business
scale, period leading companies, the age of the company, accounting training,
and accounting information. The sample in this research were 80 respondents .
The method used in this research is using descriptive statistics test, test data
quality, classic assumption test, and test the hypothesis by using regression
analysis. The study states that there are significant effect education manager or
owner, the age of the company, and accounting training to accounting
information. While the scale of effort and time to lead the company does not
significant effect the accounting information.
Abstrak: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi
Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan
informasi akuntansi pada UMKM kain tenun ikat troso di Kabupaten Jepara.
Variabel yang digunakan adalah pendidikan terakhir manajer atau pemilik, skala
usaha, masa memimpin perusahaan, umur perusahaan, pelatihan akuntansi, dan
informasi akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji statistik
deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan
menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa
terdapat pengaruh signifikan pendidikan terakhir manajer atau pemilik, umur
perusahaan, dan pelatihan akuntansi terhadap informasi akuntansi. Sedangkan
skala usaha dan masa memimpin perusahaan berpengaruh tidak signifikan
terhadap informasi akuntansi.
Kata Kunci: UMKM, agency theory, dan informasi akuntansi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mrs Sri Lestari |
Date Deposited: | 02 May 2016 03:56 |
Last Modified: | 02 May 2016 03:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/63 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |