PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBUATAN BUKU INTERAKTIF ROHANI TENTANG KISAH NABI YUNUS PADA KELAS SEKOLAH MINGGU BERBASIS ANDROID

Christian Adolfian Damping, Ian (2015) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBUATAN BUKU INTERAKTIF ROHANI TENTANG KISAH NABI YUNUS PADA KELAS SEKOLAH MINGGU BERBASIS ANDROID. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Cerita dalam sebuah kitabsucimerupakan salahsatu pelajaranpokok yang sangat penting dalam proses mempelajari kehidupan. Proses penceritaan akan lebih mudah diterima jika mempunyai visualisasi materi yang menarik dan lain daripada yang lain apalagi pada kisahrohanitentangkisahnabiyunus, maka dibuatlah buku interaktif rohani tentang kisahnabiyunuspadakelassekolahminggugkigejayanini untuk memudahkan pembelajaran kisahrohani tersebut.Dalam pembuatan buku interaktif rohanitentangkisahnabiyunusberbasis android ini, nantinya pembaca diharapkan dapat mengerti danlebih jelas lagi tentang perjalanankisahrohaninabiyunusdariawalperjalanannyamendapatkanperintahdariTuhanuntukpergikekotaniniwekemudianiamengingkarinyadenganpergikekota lain menggunakankapal, hinggaiadibuangolehawakkapal, di telanolehikanbesarselama 3 hari 3 malamhinggaakhirnyaiabertobatdanmengerjakanperintahTuhan yang jika divisualisasikan secara interaktif dan menarik pembaca akan lebih tertarik dan lebih cepat memahami kisah yang diberikan jika visualisasi kisahrohani tentang perjalanannabiyunus ini memanfaatkan teknologi Augmented Realityyang akan menghasilkan program visual 3D (3 dimensi) yang menggabungkan benda maya dua dimensi sepertibuku-bukubacaanbergambarke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut kedalam waktu yang nyatayang menarik jika dilihat melalui layar.Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Multimedia. Pengembangan sistem aplikasi ini menggunakan Unity3D untuk pembuatan visual Augmented Reality, Autodesk 3ds Max untuk pembuatan efek gambar 3 dimensinya dan CorelDraw untuk pembuatan buku interaktifnya agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Sep 2016 06:44
Last Modified: 13 Sep 2016 06:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item View Item