PENGARUH TERPAAN KAMPANYE PARTAI POLITIK TERHADAP PREFERENSI POLITIK MASYARAKAT DI DUSUN NGEMPLAK, KECAMATAN NGAGLIK, SLEMAN D.I YOGYAKARTA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014

A R I F I N, A R I F I N (2015) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE PARTAI POLITIK TERHADAP PREFERENSI POLITIK MASYARAKAT DI DUSUN NGEMPLAK, KECAMATAN NGAGLIK, SLEMAN D.I YOGYAKARTA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstraksi.pdf]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara dengan sistem politik demokratis, pemilu merupakan salah
satu cara untuk memilih calon presiden. Sebelum pemilihan dilaksanakan, partai
politik yang menjadi kandidat berkesampatan mengkampanyekan partai politiknya
kembali dari yang sebelumnya partai politik berkampanye legislatif. Kampanye
partai politik diharapkan dapat menambah tingkat emosi yang lebih besar di antara
anggota masyarakat, sehingga membawa konsekuensi preferensi dan sikap yang
tidak rasional, kemudian meningkatnya keberanian untuk mengekspresikan
keinginan dan cita-cita anggota masyarakat sebagai konskuensi komunikasi
politik yang lebih dialogis dan transparan di Dusun Ngemplak, Kecamatan
Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta pada pemilihan presiden tahun 2014. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kampanye Partai Politik
Terhadap Preferensi Politik Masyarakat di Dusun Ngemplak kecamatan Ngaglik,
Sleman, D.I Yogyakarta pada pemilihan presiden tahun 2014. Metode penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto, populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik,
Sleman D.I Yogyakarta yang memiliki hak memilih dalam pemilihan Presiden
dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik analisis data menggunakan
analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhna. Hipotesis
dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh secara signifikan antara pengaruh
terpaan kampanye politik terhadap preferensi politik masyarakat di Dusun
Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta. Hasil penelitian
diperoleh analisis korelasi product moment nilai koefisien korelasi 0,550, hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa kampanye partai politik (X) dengan preferensi
politik (Y) masuk dalam kategori sedang. Analisis regresi linier sederhana
diperoleh hasil terpaan kampanye partai politik berpengaruh terhadap preferensi
politik sebesar 30,2%. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti yaitu terdapat pengaruh
secara signifikan terpaan kampanye politik terhadap preferensi politik masyarakat
di Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta.

As a country with democratic political system, election is a way to choose a president.
Before the election is conducted, politic party candidates have the opportunity to
campaign their politic parties again, in which before they were politic parties who
campaign legislatively. Politic party campaign is expected to increase the emotional level
between community members, thus it will bring preference consequences and irrational
attitudes. Then it will also bring the increasing bravery to express community’s wants and
aspires as a consequence of more dialogic and transparence politic communication in
Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta in 2014 Election. This
study aims to investigate The Impact influence of Political Party Campaign on
Community’s Political Preference in Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I.
Yogyakarta in 2014 Election. Study methodology is utilizing quantitative method and cx
post facto study type, population in this study is the community of Ngemplak Village,
Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta who has the right to choose the president with
total sample 78 individuals. Data analysis technique is using product moment correlation
analysis and simple linear regression analysis. Hypotheses in this study are there is a
significant effect of politic campaign on community’s politic preference in Ngemplak
Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta. The finding of the study is that
product moment correlation analysis has 0.550 correlation coefficient value, from the
result can be concluded that politic party campaign (X) with politic preference (Y) is
included in moderate category. From the simple linear regression analysis it is found that
politic party campaign affects the political preference by 30.2%. The obtained result
shows that the hypotheses proposed in the study is proved, that is, there is a significant
impact oh politic party campaign on community’s politic preference in Ngemplak
Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:14
Last Modified: 07 Sep 2016 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item