APLIKASI PENGENALAN MUKJIZAT NABI PILIHAN DENGAN PENYAJIAN DUA BAHASA (BILINGUAL) MENGGUNAKAN FLASH

Puspita Rahmasari, Lindi (2015) APLIKASI PENGENALAN MUKJIZAT NABI PILIHAN DENGAN PENYAJIAN DUA BAHASA (BILINGUAL) MENGGUNAKAN FLASH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Komputer bukanlah hal yang tabu lagi di kalangan masyarakat. Penggunaannya sudah menyeluruh sampai daerah pedesaan, usernya pun menyeluruh, tidak hanya kalangan dewasa tetapi sampai anak-anak. Komputer tidak hanya berguna mempermudah aktifitas manusia yang berbau hedonis atau keduniawian saja, komputer juga bisa berguna untuk mempelajari tentang agama, dalam hal ini Islam. Salah satu penyampaian informasi berbasis komputer kepada user adalah dengan aplikasi multimedia. Aplikasi multimedia merupakan salah satu software tampilan yang lebih menarik, yaitu dengan adanya gambar, animasi, serta suara (audio visual). Sehingga mudah digunakan oleh user diberbagai kalangan. Pengenalan tentang mukjizat nabi kepada anak-anak selagi dini, membawa pengaruh positif pada mereka didalam menghayati nilai-nilai religi. Agama pun mewajibkan umatnya untuk mengenal dan percaya akan nabi yang diutus Allah swt itu. Anak-anak dikenalkan dengan sekilas cerita nabi dan mukjizatnya, melalui sistem pembelajaran berbasis multimedia ini dengan animasi 2D (dua dimensi). Ada beberapa nabi pilihan yang ditampilkan, yang merupakan sebagian dari 25 nabi yang wajib diketahui. Mereka adalah Nabi Adam a.s., Nabi Nuh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Yusuf a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Daud a.s., Nabi Sulaiman a.s., Nabi Yunus a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad saw. Sistem pembelajaran ini nantinya ditujukan untuk siswa kelas V. Dilengkapi sajian penyampaian dua bahasa (bilingual), yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pengembangan software metodelogi pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahap yaitu tahap concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Adobe Photoshop CS4, Cool Edit Pro 2.1, Windows Movie Maker 2012, Format Factory, dan Adobe Flash CS3 dengan bahasa pemograman actionscript 2.0.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:11
Last Modified: 31 Aug 2016 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item View Item