PENGARUHSTIMULIATMOSFER DAN TANGGAPAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU BELANJA (Surveypada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta)

KURNIAWATI, LELY (2014) PENGARUHSTIMULIATMOSFER DAN TANGGAPAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU BELANJA (Surveypada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Stimuliatmosfer adalah setiap komunikasi atau stimulifisik yang didesain
untuk mempengaruhi konsumen. Sedangkan Perilaku belanja merupakan tingkat
dimana muncul tipe-tipe tertentu yang diperlihatkanoleh konsumen sebagai akibat
dari tanggapan emosional, semakin positif tanggapan emosional maka semakin
kuat munculnya tindakan pembelian. Berkaitan masalah yang menjadi fenomena
penelitian yaitu toko swalayan biasanya memiliki kesan kurang rapi, penataan
barang yang kurang menarik, pelayanan yang kurang memuaskan dan stimuli
atmosfer toko inilah yang dapat mempengaruhi minat beli masyarakat untuk
mengunjungi toko tersebut. Dengan adanya stimuli atmosfer untuk toko, maka
akan mendorong tanggapan emosional masyarakat yang akan mempengaruhi
perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh stimuli atmosfer dan tanggapan
emosional terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan
Yogyakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Pamella
Enam Swalayan Yogyakarta.Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari
konsumen Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Jumlah sampel yang
dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 104 orang. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari
penyebaran kuesioner kepada responden penelitian. Penelitian ini meliputi
variabel independen, intervening dan dependen, adapun variabel independennya
adalah stimuli atmosfer, variabel intervening adalah tanggapan emosional,dan
untuk variabel dependennya adalah perilaku belanja. Untuk pengujian hipotesis
menggunakan analisis jalur dengan teknik regresi linier.
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang
signifikan variabel stimuliatmosfer terhadap tanggapan emosional pada Toko
Pamella Enam Swalayan Yogyakarta; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan
variabel stimuliatmosfer terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam
Swalayan Yogyakarta;3) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel
tanggapan emosional terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam
Swalayan Yogyakarta, dan4) Stimuli atmosfer mempunyai pengaruh tidak
langsung terhadap perilaku belanja melalui tanggapan emosionalpada konsumen
Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta.
Kata kunci : stimuliatmosfer, Tanggapan Emosional, Perilaku Belanja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:26
Last Modified: 22 Aug 2016 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item