“Optimasi Penggalian Pada Kapal Keruk Singkep 1 Dengan Meningkatkan Laju Pemindahan Tanah Pada Penambangan Timah Alluvial Lepas Pantai Di Laut Permis Kepulauan Bangka, PT. Timah Tbk.

BUDIYASA PUTRA, MADE (2012) “Optimasi Penggalian Pada Kapal Keruk Singkep 1 Dengan Meningkatkan Laju Pemindahan Tanah Pada Penambangan Timah Alluvial Lepas Pantai Di Laut Permis Kepulauan Bangka, PT. Timah Tbk. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR new.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini PT.Timah Tbk. sedang melakukan penambangan di daerah Laut Permis dengan menggunakan Kapal Keruk Singkep 1 yang mempunyai kapasitas mangkok 24 Cuft (0,68 m3), dengan letak astronomis 2o57’00” – 3o00’20” LS dan 105o56’00” – 106o03’50” BT. Laju penggalian Tanah (LPT) pada kapal keruk Singkep 1 ditargetkan 850 m3/jam untuk lapisan tanah atas dan 350 m3/jam untuk lapisan pasir bertimah. Sistem penggalian yang digunakan Kapal Keruk Singkep 1 saat ini adalah sistem tekan perlapisan tanah sedangkan metode penggalian yang diterapkan adalah metode shortface. Metode ini dilakukan dengan membagi kolong kerja menjadi irisan-irisan dengan lebar irisan 30 meter dari 90 meter kolong kerja yang dimaksudkan untuk melakukan penggalian secara selektif. Berdasarkan pengamatan di lapangan dan perhitungan yang dilakukan dari data-data yang telah dikumpulkan, maka laju pemindahan tanah saat ini sebesar 833,33 m3/jam untuk lapisan tanah atas dan 364,96 m3/jam untuk lapisan pasir bertimah. Hal ini menunjukkan laju pemindahan tanah khususnya untuk lapisan tanah atas belum tercapai dari yan telah ditargetkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggalian kapal keruk, diantaranya : kondisi peralatan utama dan peralatan pendukung, kecepatan tarik kawat samping, kedalaman penekanan ladder, kondisi cuaca, sistem dan metode penggalian yang digunakan. Kondisi cuaca merupakan faktor yang tidak bisa dikendalikan sedangkan untuk faktor-faktor lainnya bisa diatur sesuai dengan batas dan kemampuan kapal keruk. Untuk mengoptimalkan penggalian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengganti metode penggalian menggunakan metode Longface pada lapisan tanah penutup dan menggunakan metode kombinasi Longface dan Shortface pada lapisan pasir bertimah. Dengan menggunakan metode tersebut didapatkan laju pemindahan tanahnya untuk lapisan tanah atas 873,28 m3/jam dan 373,83 m3/jam untuk lapisan pasir brtimah. Sedangkan dengan meningkatkan kecepatan tarik kawat samping untuk meningkatkan laju pemindahan tanahnya didapatkan untuk lapisan tanah atas 892,85 m3/jam dan 394,73 m3/jam untuk lapisan pasir bertimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:23
Last Modified: 18 Aug 2016 01:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item