ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO, KLATEN

Costa, Linda Maria De Fatima (2015) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO, KLATEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dalam rangka mewujudkan kepuasan pasien, RS. dr Soeraji Tirtonegoro
mengemban misi menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna, berkualitas dan
terjangkau, menyelenggarakan pendidikan pelatihan, pe nelitian dan pengembangan ilmu
bidangkesehatan dengan standar kualitas pelayanan yang tinggi, mewujudkan kepuasan
pasien untuk mencapai kemandirian rumah sakit, meningkatkan kesejahteraan karyawan.
Sebagai salah satu organisasi sektor publik, RSU Dr. Soeradji Tirtonegoro memiliki
keyakinan dasar karyawan yang berkualitas dan berkomitmen tinggi kepada rumah sakit
adalah assetyang paling berharga, kepuasan dan kesetiaan pasien adalah dasar
kelangsungan hidup rumah sakit, kualitaspelayanan rumah sakit sebagai pengikat
kesetiaan pelanggan, kebersamaan adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan.
Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro juga memiliki Fasilitas yang lengkap antara lain:
Rawat jalan, Rawat Inap. Rawat Intensif, Rawat Darurat, Unit Penyakit Jantung dan
Pembuluh Darah, Unit Geriatri, Paviliun Garuda dan Rehabiitas Medik. Serta Fasilitas
Penunjang antara lain: Radiologi, Pusat Diagnostik Klinik, Laboratorium dan Farmasi.
Adapun nilai-nilai dasar yang diterapkan di RS. dr Soeradji Tirtonegoro Klaten adalah,
Jujur dan ikhlas,integritas, keterbukaan, profesionalisme, kerendahhatian, kerja cerdas,
kesediaan untuk melayani, melayani adalah ibadah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas
pelayanan, fasilitas dan harga secara bersama -sama berpengaruh terhadap kepuasan
pasienrawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Suradji Tirtonegoro Klaten dan untuk
mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Suraji
Tirtonegoro Klaten. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified nonprobability sampling. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian pasien
rawat inap di RUS Dr. Soeradji Tirtonegoro yang berjumlah 100 orang. Alat analisis
dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least
Square (OLS).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien. Hal ini dapat diartikan, jika kualitas
pelayanan meningkat, maka kepuasaan pasien akan mengalami peningkatan. Ada
pengaruh signifikan antara fasilitas terhadap kepuasaan pasien. Hal ini dapat diartikan,
jika fasilitas yang diberikan bermanfaat, maka kepuasaan pasien akan mengalami
peningkatan. Ada pengaruh signifikan antara harga terhadap kepuasaan pasien. Hal ini
dapat diartikan, jika harga meningkat (lebih sesuai), maka kepuasaan pasien akan
mengalami peningkatan dan sebaliknya.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasaan Pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:30
Last Modified: 16 Aug 2016 06:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item