IRAWAN GANDI PRASETYO, DEDY (2014) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN GULA PASIR MEREK GULAKU (Studi Kasus di Giant Sleman). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Permintaan gula nasional selalu mengalami perubahan dan bahkan
cenderung mengalami kenaikan sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia
yang selalu bertambah setiap tahunnya. Tahun 1990, 1995, 1996 dan 1997 berturutturut
konsumsi gula per kapita/tahun adalah 13,38 kg; 16,54 kg; 15,76 kg dan 17,04
kg. Jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan total
kebutuhan konsumsi gula juga terus meningkat. Laju pertumbuhan konsumsi gula
selama periode 1993-2004 adalah 4,33% per tahun. Pada tahun 1993 konsumsi gula
sebanyak 2,34 juta ton dan terus meningkat menjadi 2,46 juta ton pada tahun 2004.
Dengan semakin tingginya permintaan gula pasir, Gulaku menghadapi banyak
sekali para pesaing. Seperti produk gula pasir dalam kemasan Raja Gula yang di
produksi oleh swalayan progo,Mirota yang di produksi oleh swalayan mirota
kampus, MK (Madu Kismo), Gula Pasir Indomaret yang di produksi oleh swalayan
Indomaret, Gula Pasir Carrefoure yang di produksi oleh swalayan Carrefoure, dll.
Oleh karena itu dipersepsikan penelitian ini dapat membantu pihak Gulaku dalam
menghadapi para pesaingnya.
Tujuan dri penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan Gulaku di Sleman; (2) Mengetahui pengaruh harga
terhadap kepuasan pelanggan Gulaku di Sleman; (3) Mengetahui pengaruh tingkat
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Gulaku di Sleman; (4)
Mengetahui adanya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan yang
dimediasi oleh kepuasan pelanggan; (5) Mengetahui adanya pengaruh harga
terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Giant yang berlokasi di Jl. Ring
Road Utara Rt 02 / Rw 29 Kabupaten Sleman. Pengambilan data mulai tanggal 23
Juni 2014 sampai tanggal 15 Agustus 2014. Data yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
sebagian pengunjung swalayan Giant di Sleman yang akan membeli produk dan
melihat harga serta melakukan pembelian ulang serta merasakan kepuasan gula
pasir Merek Gulaku.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan; (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan; (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan; (4) Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh antara kualitas produk
dan loyalitas pelanggan; (5) Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh antara harga
dan loyalitas pelanggan.
Kata kunci: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan
Melalui Kepuasan Pelanggan Gula Pasir Merek Gulaku, Sleman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 01:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 01:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |