PENGARUH LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, KESAN KUALITAS DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK KONSUMEN KARTU PRABAYAR XL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

PUTRA, ALMEIN TRI (2014) PENGARUH LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, KESAN KUALITAS DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK KONSUMEN KARTU PRABAYAR XL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
ALMEIN TRI PUTRA. Pengaruh Loyalitas Merek, Kesadaran Merek, Kesan
Kualitas dan Asosiasi Merek Terhadap Ekuitas Merek Konsumen Kartu Prabayar XL
Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta Dibimbing oleh
Dr. Heru Tri Sutiono, M.Si dan Dra. Sri Budiwati W.S, M.Si.
Penggunaan merek merupakan masalah utama dalam strategi produk. Selain
mengandalkan hasil produk dengan berbagai perbedaan dan keunggulan, salah satu
modal dalam persaingan adalah dengan menggunakan merek. Merek tidak hanya
bagian dari sebuah produk saja tetapi justru merek yang memberikan nilai positif bagi
suatu produk. Kekuatan merek terletak pada apa yang dilihat, dibaca, didengar,
dipelajari, dipikirkan dan dirasakan pelanggan tentang merek sepanjang waktu,
sehingga dalam merek terciptalah sebuah ekuitas merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas merek,
kesadaran merek, kesan kualitas dan asosiasi merek terhadap ekuitas merek
konsumen kartu prabayar XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN “Vete ran”
Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada 100 mahasiswa pengguna XL di Fakultas
Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta. Sample penelitian ini adalah mahasiswa
pengguna XL aktif.
Hasil penelitian hasil uji F menunjukkan bahwa loyalitas merek, kesadaran
merek, kesan kualitas dan asosiasi merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan
secara bersama-sama. Hasil uji T menunjukkan bahwa loyalitas merek, kesadaran
merek dan asosiasi merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas
merek, sedangkan kesan kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas
merek. Hasil uji ß menunjukkan asosiasi merek memiliki pengaruh dominan terhadap
ekuitas merek.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan
untuk pihak manajemen PT XL Axiata sebagai pertimbangan untuk lebih
meningkatkan kesan kualitas dengan tujuan untuk meningkatkan ekuitas merek
terhadap kartu prabayar XL.

Kata Kunci: loyalitas merek, kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek,
ekuitas merek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:37
Last Modified: 12 Aug 2016 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item