Wibowo, Endro (2016) STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENINGKATKAN PROFIT (Studi Kasus di SUGITO Elektronik cabang Kedaton, Pleret, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (956kB) | Preview |
Abstract
Peluang pasar barang-barang elektronik di era globalisasi saat ini sangat potensial dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Peluang itu telah menimbulkan persaingan yang ketat antara perusahaan elektronik. Salah satu perusahaan pemasaran barang-barang elektronik di Yogyakarta yaitu Sugito Elektronik. Di cabang Sugito Elektronik Kedaton mengalami penurunan keuntungan sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran dengan pendekatan Swot dan Ahp untuk meningkatkan profit. Analisa SWOT digunakan untuk mengetahui kondisi perusahaan yang sesungguhnya, sedangkan strategi ini memiliki beberapa alternatif dan akan dipilih salah satu dengan AHP untuk dijadikan strategi prioritas yang akan dipilih untuk menentukan strategi pemasaran. Hasil pengolahan data SWOT dalam internal-eksternal matrik menunjukan bahwa Sugito Elektronik berada pada sel V yang berarti mendukung strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas (tidak ada perubahan terhadap laba) dan menurut matrik SWOT berada pada kuadran I yang berarti perusahaan dalam situasi yang menguntungkan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang cocok diterapkan adalah strategi stabilitas agresif yaitu memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang. Hasil perhitungan metode AHP menunjukkan kriteria Meningkatkan Promosi Toko dan Produk merupakan kriteria yang sangat berpengaruh pada strategi pemasaran dengan nilai bobot sebesar 0,189. Hasil pemilihan alternatif menunjukan bahwa strategi pemasaran yang harus di prioritaskan dengan didukung hasil analisis SWOT adalah Meningkatkan Pelayanan Konsumen dengan nilai bobot 0,474. Strategi Meningkatan Pelayanan terhadap Konsumen dengan cara mempertahankan kualitas pelayanan konsumen yang sudah baik, mempermudah garansi klaim kerusakan produk yang dibeli konsumen, produk yang dijual berkualitas baik, meningkatkan fasilitas kenyamanan pengunjung di toko, meningkatkan fasilitas instalasi produk dan meningkatkan fasilitas pengantaran produk. Kata kunci: SWOT, AHP, Strategi Meningkatkan Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4914 |
Actions (login required)
View Item |