ANALISIS FRAMING BERITA KASUS KOPI SIANIDA DI RUBRIK “AROMA JESSICA DI KOPI MIRNA” PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM PERIODE 08 JANUARI – 30 JANUARI 2016

ALAN SETYAWAN, ABHIYOGA (2016) ANALISIS FRAMING BERITA KASUS KOPI SIANIDA DI RUBRIK “AROMA JESSICA DI KOPI MIRNA” PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM PERIODE 08 JANUARI – 30 JANUARI 2016. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.PDF]
Preview
Other
COVER.PDF

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tewasnya wanita secara misterius setelah meminum Kopi, menjadi
perhatian khusus dari berbagai media, bahkan menjadi headline di
pemberitaan ibu kota. Salah satu media yang memberikan perhatian besar
terhadap kasus ini adalah media online Detik.com. Detik.com sebagai salah
satu media online pertama di Indonesia mengemas berita tersebut menjadi
satu kumpulan rubrik yang berisi kronolgi tewasnya wanita tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita yang
dilakukan oleh Detik.com pada rubrik “Aroma Jessica di Kopi Mirna”
periode 08 Januari – 30 Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan
adalah analisis framing model Robert N. Entman. Entman mendefiniskan
framing sebagai strategi pembingkaian media. Adapun perangkat analisis
framing yang digunakan Entman meliputi define problems (pendefinisian
masalah), diangnose causes (memperkirakan masalah atau sumber
masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral) dan treatment
recommendation (menekankan penyelesaian). Penelitian ini menghasilkan
kesimpulan bahwa konstruksi berita yang dilakukan oleh Detik.com
cenderung tidak objektif. Detik.com dalam pemberitannya, tidak sesuai
dengan Nilai yang dipahami oleh Detik.com yaitu, Independensi serta
Kreatif dan Inovatif . Hal tersebut terlihat dari penggunaan bahasa dalam
memberitakan berita ini. Hal lainnya Detik.com cenderung menekankan
adanya keterkaitan Jessica dalam kasus tewasnya Mirna Salihin. Detik.com
juga cenderung mengedepankan sisi Ekonomi Politik Media, dengan
mengangkat isu-is kontroversial untuk meningkatkan pendapatan iklan dari
berita Kopi Sianida ini. Teknik analisa data dilakukan dengan
mengkategoriasi jumlah 163 berita berdasarkan tiga kategoriasi yaitu,
tewasnya Mirna, penyelidikan Kepolisian dan penetapan tersangka. Adapun
dari proses kategoriasi tersebut didapati 11 berita yang menjadi sampel
peneliti.
Kata Kunci: Analisis framing, Detik.com, Entman, Kopi Sianida

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:03
Last Modified: 22 Jul 2016 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item