Kartika, Ayuwandira Yuda (2025) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI ASY-SYIFA SAMBI MOBILE MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ) DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Cover_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Download (498kB) |
|
|
Text
Abstrak_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Download (88kB) |
|
|
Text
Pengesahan_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Download (339kB) |
|
|
Text
Daftar Isi_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Download (169kB) |
|
|
Text
Full Text_laporan_124200009_Ayuwandira Yuda Kartika.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
RSAS Mobile merupakan aplikasi layanan kesehatan digital milik RSU Asy-Syifa Sambi
yang dirancang untuk mempermudah pasien dalam mengakses berbagai informasi medis serta
layanan rumah sakit secara daring, seperti pendaftaran rawat jalan, informasi jadwal dokter, dan
rekam medis. Meskipun telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna di Google Play Store,
aplikasi ini hanya memperoleh rating 2,4 dari 5. Berdasarkan ulasan pengguna, permasalahan
utama yang sering muncul adalah kesulitan dalam proses pendaftaran serta seringnya terjadi
error pada sistem. Hal ini turut diperkuat melalui wawancara awal kepada lima pengguna aktif
RSAS Mobile, yang menyatakan bahwa pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi
masih kurang memuaskan dan berharap adanya pengembangan lanjutan dari pihak pengembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kegunaan (usability) dan pengalaman
pengguna (user experience) RSAS Mobile dengan menggunakan dua metode evaluasi, yaitu
System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Sebanyak 101
responden dilibatkan dalam pengumpulan data. Hasil pengukuran menggunakan metode SUS
menunjukkan skor rata-rata sebesar 49,67, yang termasuk dalam kategori Not Acceptable,
dengan grade scale F, dan adjective rating “OK”. Sementara itu, hasil evaluasi menggunakan
metode UEQ menunjukkan skor attractiveness sebesar 0,358, perspicuity 0,448, efficiency
0,470, dependability 0,609, stimulation 0,573, dan novelty -0,017. Temuan ini menunjukkan
bahwa baik dari aspek usability maupun user experience, RSAS Mobile masih belum mampu
memberikan performa yang optimal. Nilai novelty yang negatif juga menandakan kurangnya
inovasi dalam fitur atau tampilan aplikasi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan lebih
lanjut untuk meningkatkan kualitas desain antarmuka, kemudahan penggunaan, serta stabilitas
sistem agar aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna secara lebih baik.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Ayuwandira Yuda Kartika (Penulis-124200009) ; Juwairiah (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | RSAS Mobile, kesehatan digital, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ) |
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi |
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 06:36 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 06:36 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
