PENGARUH TERPAAN INFORMASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI AKSI INDONESIA GELAP (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Putri, Intan Maharani (2025) PENGARUH TERPAAN INFORMASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI AKSI INDONESIA GELAP (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210130_Intan Maharani Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
3. Abstrak_153210130_Intan Maharani Putri.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2. Cover_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
2. Cover_153210130_Intan Maharani Putri.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210130_Intan Maharani Putri.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210130_Intan Maharani Putri.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210130_Intan Maharani Putri.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210130_Intan Maharani Putri.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK
Indonesia Gelap adalah sebuah aksi yang muncul sebagai respons terhadap
kebijakan pemerintah yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat pada era Presiden
Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Aksi ini massif
didengungkan melalui media sosial yang menjadi media dan sumber informasi
politik utama, khususnya bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terpaan informasi politik di media sosial berpengaruh terhadap
persepsi aksi Indonesia Gelap. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Teori Kultivasi dari George Gerbner. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 394 responden
melalui non-probability sampling dengan jenis quota sampling. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terpaan informasi politik di media sosial terhadap persepsi
aksi Indonesia Gelap memiliki nilai korelasi yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05
serta r hitung yang lebih besar dari r tabel (0,775 > 0,098), ini berarti Ha diterima.
Terpaan informasi politik di media sosial berpengaruh sebesar 60% terhadap
persepsi aksi Indonesia Gelap. 40% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis adalah sejumlah 24,270 dengan
signifikansi 0,000 < 0,05. t hitung > t tabel (24,270 > 1,966), berarti Ha diterima.
Kata Kunci: Terpaan Informasi Politik, Media Sosial, Persepsi, Indonesia Gelap,
Mahasiswa.
xv

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Informasi Politik, Media Sosial, Persepsi, Indonesia Gelap, Mahasiswa.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:09
Last Modified: 27 Nov 2025 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45862

Actions (login required)

View Item View Item